IDENTIFIKASI POSTUR KERJA BAGIAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MENGUNAKAN METODE NORDIC BODY (NBM) DAN RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DI UMKM PABRIK KERUPUK YOGYAKARTA

Penulis

  • Herman Darmanto Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

NBM, REBA, UMKM, Pabrik

Abstrak

Pabrik Kerupuk Subur di Yogyakarta sebagai UMKM sektor manufaktur mengalami perkembangan pesat, tetapi perhatian terhadap kondisi kerja dan kesejahteraan pekerja, khususnya di bagian produksi, menjadi suatu kebutuhan mendesak. Pekerja di pabrik kerupuk mengalami keluhan fisik dan ketidaknyamanan selama menjalankan tugas produksi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mengatasi masalah ergonomi pekerja melalui metode Kuesioner Nordic Body Map (NBM) dan Rapid Entire Body Assessment (REBA). Penelitian melibatkan pekerja dalam proses penilaian ergonomi, berusaha menemukan solusi sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman langsung pekerja. Selain itu, penelitian ini menggabungkan metode tradisional dengan teknologi untuk mendapatkan pemahaman holistik tentang kondisi kerja di UMKM Pabrik Kerupuk Subur. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keluhan kesehatan pekerja rata-rata sekitar 69,89%, dengan keluhan tertinggi pada punggung dan leher bagian atas. Analisis postur kerja dengan metode REBA menunjukkan tingkat risiko sedang (kategori tindakan 2). Rekomendasi perbaikan mencakup hirarki pengendalian administratif seperti penjadwalan kerja yang aman dan implementasi prosedur kerja yang lebih aman. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan pekerja dengan menciptakan solusi praktis untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko cedera muskuloskeletal, dan memperbaiki kondisi kerja di UMKM Pabrik Kerupuk Subur di Yogyakarta.

Referensi

T. S. Nova and N. L. P. Hariastuti, “Analysis of Occupational Safety and Health Risk Using the HAZOPS Method and ergonomics Approach (RULA and REBA) at UD. Sekar Surabaya,” J. SENOPATI Sustain. Ergon. Optim. Appl. Ind. Eng, vol. 3, pp. 63–73, April 2022.

I. Kurniasih, V. R. B. Kurniawan, and K. Kusmendar, "Evaluation of Workers' Working Postures based on RULA and MCDM: An Application to a SME Producing Kitchenware in Indonesia," Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, vol. 6, pp. 1396-1405, Oktober 2023.

M. I. Hamdy and S. Zalisman, “Analisa Postur Kerja dan Perancangan Fasilitas Penjemuran Kerupuk yang Ergonomis Menggunakan Metode Analisis Rapid Entire Body Assessmet (Reba) dan Antropometri,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 16, p. 57, Desember 2018.

Diterbitkan

2024-05-16