ANALISIS PENGARUH SUHU RUANG KERJA DAN BEBAN KERJA FISIK TERHADAP PEKERJA DENGAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD (CVL) DI PT ANEKA ADHILOGAM KARYA

Penulis

  • Ifan Iflana Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Retno Widiastuti Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Kusmendar Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

suhu ruang kerja, beban kerja fisik, cardiovascular load

Abstrak

Suhu ruang kerja merupakan salah satu faktor pendukung bagi para pekerja dalam beraktivitas dengan nyaman agar dapat melakukan perkerjaan secara produktif. Pada penelitian ini suhu ruang kerja di bagian peleburan PT Aneka Adhilogam Karya melampui Nilai Ambang Batas yang telah ditentukan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar 30,5°C sehingga mempengaruhi ketidaknyamanan pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui suhu ruang kerja dan beban kerja fisik terhadap pekerja  di bagian peleburan PT Aneka Adhilogam Karya. Penelitian ini menggunakan metode Cardiovascolar Load (CVL) untuk mengukur beban kerja fisik berdasarkan sistem cvl selama dilakukan pengukuran selama aktivitas fisik. Hasil penelitian di PT. Aneka Adhilogam Karya, Suhu lingkungan dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menjalankan aktivitas fisik dengan efisien, pada waktu pagi hari pekerja 2 mendapatkan persentase cvl sebesar 11,67% masuk dalam kategori ringan dengan suhu 34°C, pada waktu siang hari pekerja 4 mendapatkan persentase cvl sebesar 191,40% dengan suhu 41°C masuk dalam kategori tinggi yang sudah melampui Nilai Ambang Batas (NAB) yang di keluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, dan waktu sore hari pekerja 3,5,6 dan 7 dengan persentase cvl sebesar 30,51% - 48,18% dengan suhu 34°C masuk pada kategor sedang.

Referensi

E. Nurochman and R. Widiastuti, “Analisis Pengaruh Temperatur dan Kelembaban Ruang Kelas terhadap Kelelahan pada Mahasiswa,” IEJST, vol. 6, pp. 1-8, Juni 2022.

L. Lukas, L.F. Suoth and R. Wowor, “Hubungan Antara Suhu Lingkungan Kerja dan Jam Kerja Dengan Stres Kerja di PT. Adhikarya (Persero) Tbk Unit Manado Proyek Universitas Sam Ratulangi,” Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 7, pp. 1-9, Juli 2018.

S. Rahman, dkk, “Performance Analysis of Boosting Classifiers in Recognizing Activities of Daily Living,” International Jurnal of Enviromental Research and Public Helath, Vol. 17, pp. 1-15, February 2020.

N.P. Al-Bana, A.Zaidan, and P.A. Al-Khairi, “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Beban Kerja Mental Pekerja UMKM Pembuatan Kerupuk XYZ,” Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, pp. 1-7, Juli 2021.

C. Brimicombe, dkk, “Wet Bulb Globe Temperature: Indicating Extreme Heat Risk On a Global Grid,” Research Article, Vol. 7, pp. 1-14, February 2023.

M.P. Tasyania, dkk, “Analisis Lingkungan Kerja Fisik: Suhu dan Kebisingan terhadap Produktivitas pada Ruang Mesin 2 PT ABC” Jurnal Teknik Industri, vol. 12, pp. 1-6, Juli 2022.

B. Widjasena and E. Ekawati, “Hubungan Beban Kerja Fisik Manual dan Iklim Kerja Terhadap Kelelahan Pekerja Kontruksi” Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 4, pp. 1-11, Agustus 2016.

R.Purwaningsih, “ Pengaruh Temperatur Lingkungan Berat Badan dan Tingkat Beban Kerja Terhadap Denyut Nadi Pekerja” Jurnal Teknik Industri, vol. XI, pp. 1-6, 2016.

I. Putri, dkk, “Pengaruh Suhu Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester VII (B),” Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi, vol. 5, pp. 1-5, April 2020.

R. Widiastuti. dkk, “Workload measurement of batik workers at UKM batik jumputan Yogyakarta using RULA and NASA-TLX,” Seri Konferensi Jurnal Fisika, pp. 1-7, Januari 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-17