ANALISIS PENGENDALIAN BAHAYA MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL DAN HAZARD AND OPERABILITY STUDY UD SAGI PANDE BESI

Penulis

  • Muhammad Ridho Yosipratama Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

pengendalian bahaya, HIRARC, HAZOP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak bahaya dari identifikasi risiko, risiko kecelakaan kerja yang ada pada proses produksi dengan metode HIRARC, dan pengendalian risiko yang dilakukan pada UD Sagi Pande Besi. Penelitian ini dilakukan di UD Sagi Pande Besi pada November 2022. Penelitian ini menggunakan data primer berupa data kuesioner risiko kecelakaan kerja yang diperkuat dengan wawancara dan dokumentasi. Pengolahaan data menggunakan metode HIRARC dan HAZOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan pada peniliaian risiko yang dilakukan dengan metode HIRARC diperolehkan 15 potensi risiko pada proses produksi UD. Sagi Pande Besi. Solusi meminimalisir risiko kerja adalah memberikan himbauan pada para pekerja agar selalu bekerja dalam kondisi focus, wajib mempergunakan APD dan baju berlengan panjang agar tidak terkena percikan api saat proses pembakaran besi. (2) Pengendalian yang dilakukan terhadap risiko dominan pada proses produksi berdasarkan pada metode HAZOP secara hierarki menurut ISO 45001 adalah dengan subtitusi, rekayasa teknologi, pengendalian administratif dan alat pelindung diri (APD). (3) Dampak dari pengendalian risiko berdasarkan pada perhitungan tingkat ketaatan para pekerja setelah adanya upaya pengendalian berupa sosialisasi penggunaan APD, penambahan rambu-rambu dan pembuatan SOP.

Referensi

V. R. B. Kurniawan, R. Widiastuti, and E. Sutanta, “Determining best controls on occupational risks using the best-worst method in an Indonesian furniture company,” in AIP Conference Proceedings, Vol. 2590, May 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-17