UJI KUAT TEKAN BETON AGREGAT KASAR LIMBAH PECAHAN GENTENG DENGAN MUTU BETON K-225

Penulis

  • Awaludin Wiyono Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Widarto Sutrisno Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dewi Sulistyorini Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

uji kuat tekan, beton, limbah pecahan genteng, agregat kasar, agregat halus

Abstrak

Penelitian beton dengan agregat kasar yang di ganti menggunakan limbah pecahan genteng pada campuran beton masih belum banyak di lakukan, pada dasarnya limbah pecahan genteng sudah dimanfaatkan dalam beberapa pengelolaan antara lain untuk lapisan pondasi, pengurukan, jalur pejalan kaki ditaman, dan lain-lain. Masuknya masa penyamarataan pembangunan diseluruh wilayah, yang mengakibatkan banyakdnya penggunaan bahan campuran beton, dikarenakan bahan baku yang mudah dicari dan pembuatan beton yang terbilang cukup mudah. Melihat dari penjelasan di atas oleh karena itu diperlukan pemanfaatan limbah pecahan genteng sebagai pengganti agregat kasar. Pada penelitian ini pembuatan benda uji di cetak menggunakan silinder baja ukuran 150mm x 300mm, dengan variasi perendaman beton menggunakan air sungai, laut, dan air tanah, masing-masing jenis air perendaman 3 sampel beton dengan umur beton yaitu 7 hari, 14 hari, dan 21 hari untuk pengujian kuat tekan beton. Pada campuran mutu beton 25 Mpa. Dari hasil pengujian kuat tekan beton normal pada umur 21 hari tanpa pengganti agregat kasar didapat kuat tekan beton sebesar 20,6 kg/cm2.

Referensi

A. Saputro, “PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PECAHAN GENTENG KERAMIK PADA BETON K-175,” 2007.

S. Fansuri et al., “PENGARUH PENGGANTI LIMBAH PECAHAN GENTENG SOKKA DALAM PEMBUATAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN BETON,” 2020.

“Mulyadi, A., & Rozi, F. (2018). Pengaruh Limbah Pecahan Genteng Sebagai Pengganti Agregat Kasar Pada Campuran Mutu Beton 16, 9 MPa (K. 200). Jurnal Teknil Sipil, 7(13), 4-11.”.

P. BETON Soemantoro, “PEMANFAATAN LIMBAH GENTENG SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF AGREGAT KASAR.”

W. J. Teknik, S. Politeknik, and N. Semarang, “ANALISIS KUAT TEKAN BETON CAMPURAN PECAHAN GENTENG SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR BETON MUTU SEDANG.”

“Standar Nasional Indonesia,” 2012. [Online]. Available: www.bsn.go.id

Diterbitkan

2024-05-17