PERANCANGAN LINE BALANCING YANG OPTIMAL DENGAN PENDEKATAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) DAN LARGEST CANDIDATE RULE (LCR) DI PT ANEKA ADHILOGAM KARYA

Penulis

  • Imam Nor Hidayat Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Retno Widiastuti Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Agustinus Eko Susetyo Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

keseimbangan lintasan, ranked positional weight, largest candidate rule

Abstrak

Keseimbangan lintasan produksi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam merencanakan hasil produksi. Diharapkan dengan mengatur aliran proses yang efisiensi dapat dicapai produksi yang optimal.  Pada penelitian ini dilakukan di lini produksi PT Aneka Adhilogam Karya pada bagian produksi Man Hole TA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab ketidakseimangan lini produksi, menghitung efisiensi lintasan, balance delay, dan smoothing index untuk meningkatkan efisiensi lintasan, dan menentukan metode terbaik antara RPW dan LCR. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Ranked Positional Weight (RPW) dan Largest Candidate Rule (LCR) untuk menghitung keseimbangan lintasan pada lini produksi pembuatan produk Man Hole TA.  Penyebab ketidak seimbangan lintasan pada lini produksi adalah pengelompokan stasiun kerja yang membuat proses produksi kurang optimal. Maka dilakukan usulan perbaikan stasiun kerja yang dimana awalnya stasiun kerja pada kondisi awal terdapat 11 stasiun kerja. Sedangkan, dengan menggunakan pendekatan metode Ranked Posiitional Weight (RPW) mendapatkan hasil 3 stasiun kerja, dan Largest Candidate Rule (LCR) mendapatkan 4 stasiun kerja. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan menggunakan metode Ranked Positional Weight (RPW) didapatkan hasil efisiensi lintasan (line efficiency) sebesar 83%, balance delay sebesar 17%, dan nilai smoothing index sebesar 50,289 menit. Dan metode Largest Candidate Rule (LCR) mendaptkan hasil efisiensi lintasan (line efficiency) sebesar 62%, balance delay sebesar 38%, dan nilai smoothing index sebesar 124,599 menit. Metode yang paling ideal untuk menyelesaikan permasalahan keseimbangan lintasan lini produksi pembuatan Man Hole TA di PT Aneka Adhilogam Karya adalah metode Ranked Positional Weight (RPW).

Referensi

R. Moonti, H. Uloli, dan A. Rasyid" Analisis Keseimbangan Lintasan Lini Produksi Tepung Kelapa Dengan Metode Ranked Positional Weight Dan Region Approach," Jambura Industrial Review, Vol. 2, pp. 1-10, Mei 2022.

H. Ahyadi, R. Saputra, dan E. Suhartanto "Analisis Keseimbangan Lintasan Untuk Meningkatkan Proses Produksi Pada Air Mineral Dalam Kemasan," Journal Bina Teknika, Vol. 11, pp. 139-148, Desember 2015.

Sidar Dan Mishra, "Small Scale Industry For Improvement Of Production Rate With Line Balancing," International Journal for Scientific Research and Development, Vol. 03, pp. 168-177, September 2018.

R. N. Kumar, R. Mohan, and G. Natarajan, "Improvement In Production Line Efficiency Of Hemming Unit Using Line Balancing Techniques," Proceedings, pp. 1-5, 20 March 2021.

Fatmawati Dan Singgih, "Evaluasi Dan Peningkatan Performansi Lini Perakitan Speaker Dengan Menggunakan Ekonomi Gerakan Dan Line Balancing," Jurnal Teknik ITS, Vol. 8, pp. 35-40, 2019.

A.A. Sibarani, R.R. Dewanto, and F. Faujiyah, "Analisis Line Balancing Produksi Kain Grey Pada Perusahaan Textile " Jurnal Teknik Industri, Vol. 9, Pp. 426-435, 2023.

I. Dharmayanti and H. Marliansayh, "Perhitungan Efektifitas Lintasan Produksi Menggunakan Metode Line Balancing," Jurnal Manajemen Dan Logistik, Vol. 3, Pp. 43-54, Mei 2019.

G Nugrianto, M. Syambas, and N. Demus "Analisis Penerapan Line Balancing Untuk Peningkatan Efisiensi Pada Proses Produksi Pembuatan Pagar Besi Studi Kasus: CV. Bumen Las Kontraktor," Bulletin Of Applied Industrial Engineering Theory, Vol. 1, pp. 46-53, September 2020.

W. Gunawan and S.M. Wirawati, "Analisis Perbandingan Kriteria Line Balancing Menggunakan Metode LCR Pada Automation Cell (Studi Kasus Di PT UNP)," Journal Of Industrial Engineering & Management Research, Vol. 4, pp. 95-107, Agust 2023.

I. Fardiansyah and T. Widodo, "Peningkatan Produktivitas Menggunakan Metode Line Balancing Pada Proses Pengemasan Di PT XYZ," Journal Industrial Manufacturing, Vol. 3, pp. 57-63, Januari 2018.

F.V. Stanggang and P.W. Laksono, "Penerapan Line Balancing Pada PT. XYZ Dengan Metode Largest Candidate Rule Dan Ranked Positional Weight," Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2022, Vol.2, July 2022.

Diterbitkan

2024-05-19