IDENTIFIKASI WASTE MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) DAN KAIZEN UNTUK MEMINIMALISIR PEMBOROSAN DI PT PUTRA SULUNG MAKMUR KLATEN

Penulis

  • Zanuar Gilang Pratama Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Emmy Nurhayati Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dyah Ari Susanti Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

waste, value stream mapping, kaizen, wing nut

Abstrak

Industri pengecoran logam optimis akan mengalami peningkatan tahun ini dibandingkan dengan pandemi COVID-19. Dampak positif dari peningkatan industri pengecoran logam adalah meningkatnya permintaan produk secara signifikan. Maka penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan pemborosan pada pengecoran logam. Penelitian ini memilih metode VSM (Value Stream Mapping) dan KAIZEN untuk meminimalisir pemborosan pada lini produksi wing nut. Penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahapan pengumpulan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Hasil perhitungan dalam penyebaran kuesioner bagian produksi wing nut, didapatkan hasil waste yang paling dominan yaitu waste transportation dengan hasil score 104 dan rata-rata 52.Jenis pemborosan yang terjadi diproduksi wing nut berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebarkan kepada pekerja di area produksi wing nut dan analisis current state mapping yaitu waste transportation dengan score 104. Faktor penyebab waste diarea produksi wing nut diakibatkan karena kurangnya jumlah alat pengangkut produk, kurangnya pekerja dibagian pengangkut produk, dan layout produksi yang masih berjauhan yaitu dibagian persiapan bahan baku dan dibagian pembongkaran cetakan menuju pembersihan pasir. Usulan perbaikan yang dapat diberikan yaitu penambahan alat pengangkut berjumlah 1 alat berupa katrol elektrik untuk mempercepat pemindahan dari pembongkaran cetakan ke proses pembersihan pasir, perbaikan layout produksi pada persiapan bahan baku yang tadinya berjarak 40 meter menjadi 20 meter, dan dibagian pembongkaran cetakan menuju pembersihan pasir yang tadinya 30 meter ,menjadi 15 meter.

Referensi

I. Ayu, "Industri Pengecoran Logam Optimistis Produksi Melaju" Jakarta, April 22, 2021.[Online].Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210422/257/1384802/industri-pengecoran-logam-optimistis-produksi-melaju. [Accessed March 13, 2024].

I. Komariah, "Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mengidentifikasi Pemborosan (Waste) Pada Produksi Wajan Menggunakan Value Stream Mapping (Vsm) Pada Perusahaan Primajaya Alumunium Industri Di Ciamis," Jurnal Media Teknologi, vol. 08, pp. 109-118, March 2022.

D.M.Utama, S.K. Dewi, and V.I. Mawart, "Identifikasi Waste Pada Proses Produksi Key Set Clarinet Dengan Pendekatan Lean Manufacturing," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 15, Mei 2016.

M.J. Syaputra, Setiawan, and Hadi, "Penerapan Lean Manufacturing dengan value stream mapping dan kaizen 5W 2H guna mengurangi waste dan cycle time proses assy panel rangka pada PT. XYZ," Jurnal LENSA, vol. 17, pp. 59-76, March 2023.

S. Aisyah, "Perencanaan Lean Manufacturing Untuk Mengurangi Pemborosan Menggunakan Metode Value Stream Mapping Pada PT Y Indonesia," Jurnal Optimasi Teknik Industri, vol. 02, pp. 56-59, 2020.

H. Ponda, N.F. Fatma, dan I. Siswantoro, "Usulan Penerapan Lean Manufacturing Dengan Metode Value Stream Mapping (Vsm) Dalam Meminimalkan Waste Pada Proses Produksi Ban Motor Pada Industri Pembuat Ban," Jurnal Heuristic, vol. 19, pp. 23-42, April 2022.

C.I. Parwati, I.W.A. Arsa, dan I. Sodikin, "Pendekatan Lean Manufacturing dengan Value Stream Mapping dan Kaizen Pada Proses Produksi Tas Kulit," Jurnal Nusantara Of Engineering, Vol. 06, pp. 74-81, April 2023.

L. Theresia, G. Ranti, dan R.K. Erlangga, "Implementasi Lean Manufacturing dan Kaizen untuk Meningkatkan Produktivitas di Lantai Produksi: Studi Kasus PT Inoac Polytechno Indonesia," Jurnal IPTEK, vol. 4, pp. 40-47, 2020.

A.M. Zulfikar dan T. Rachman, "Penerapan Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping untuk Mengidentifikasi dan Minimasi 7 Waste pada Porse Produksi Sepatu X di PT. PAI," Jurnal inovisi, vol. 16, pp. 13-24, April 2020.

B. Suhardi, N. Anisa, dan P.W. Laksono, "Meminimalkan pemborosan menggunakan lean manufacturing dan Prinsip ECRS dalam industri mebel Indonesia," Cogent Engineering, vol. 6, pp. 1-13, Januari 2019.

H.D. Armyanto, D. Djumhariyanto, dan S. Mulyadi, "Penerapan Lean Manufacturing dengan Metode VSM dan FMEA untuk Mereduksi Pemborosan Produksi Sarden," Jurnal Energi dan Manufaktur, Vol. 13, pp. 37-42, April 2020.

E.Pudji dan R.N. Sari "Identifikasi dan Minimasi Waste Pada Proses Welding PT. X Dengan Konsep Lean Manufacturing Pada Proses Produksi di PT. X" Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 10, pp. 48-56, Mei 2022.

H. Rusmawan, "Perancangan Lean Manufacturing Dengan Metode Value Stream Mapping (VSM) Di PT Tjokro Bersaudara (PRIOK)," Jurnal Optimasi Teknik Industri , vol. 02, pp. 30-35, 2020.

Y. Pratiwi, N.H. Djanggu, dan P. Anggela, "Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meminimasi Pemborosan (Waste) Dengan Menggunakan Metode Value Stream Mapping (VSM) Pada PT.X" Jurnal Teknik Industri, vol 4, 2020.

Diterbitkan

2024-05-19