ANALISIS LINE BALANCING PADA PROSES PRODUKSI PT PLANK LIVING INDONESIA

Penulis

  • Reza Hammed Tri Wibowo Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

keseimbangan lintasan, largest candidate rule, region approach

Abstrak

Keseimbangan lintasan adalah mendistribusikan unit-unit kerja atau elemen-elemen kerja pada setiap stasiun kerja agar waktu menganggur dari stasiun kerja pada suatu lintasan produksi dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga pemanfaatan dari peralatan maupun operator dapat digunakan semaksimal mungkin. PT Plank Living Indonesia merupakan salah satu perusahaan ekspor furnitur yang dalam proses produksinya mengalami keterlambatan dalam memenuhi target produksi. Selain itu ditemukan juga pembagian beban kerja yang kurang merata sehingga terjadi bottleneck dan menganggurnya pekerja. Maka dari itu diperlukan analisis line balancing dengan metode largest candidate rule dan region approach. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan rancangan model keseimbangan lintasan yang lebih efisien. Hasil dari penelitian didapatkan efisiensi stasiun kerja awal sebelum dilakukan analisis keseimbangan lintasan yaitu dengan 20 stasiun kerja diperoleh line efficiency sebesar 58%, balance delay sebesar 42%, smoothes index sebesar 32,31, dan total waktu menganggur selama 131,46 menit. Sedangkan sesudah dilakukan analisis line balancing, performansi efisiensi lintasan meningkat. Dengan menggunakan metode largest candidate rule diperoleh 15 stasiun kerja dengan line efficiency sebesar 77%, balance delay sebesar 23%, smoothes index sebesar 19,44, dan total waktu menganggur menurun menjadi 53,89 menit. Sedangkan dengan menggunakan metode region approach diperoleh 16 stasiun kerja dengan line effieciency 72%, balance delay 28%, smoothes index sebesar 22,60, dan total waktu menganggur turun menjadi 69,39 menit. Maka dari itu, keseimbangan lintasan yang lebih efisien didapat dengan metode largest candidate rule.

Referensi

M. R. Basalamah dkk., “Implementasi Line balancing pada Proses Produksi Baju Taqwa di UD. Sofi Garment,” Prosiding SENASTITAN, Vol. 01, Maret 2021.

G. Nugrianto dkk, “Analisis Penerapan Line Balancing untuk Peningkatan Efisiensi pada Proses Produksi Pembuatan Pagar Besi Studi Kasus: CV. Bumen Las Kontraktor,” Vol. 1, September 2020.

T. Baroto, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

I. Z. Sutalaksana, R. Anggawisastra, dan J. H. Tjakraatmadja, Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: ITB, 2006.

S. Wignjosoebroto, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya, 2008.

E. Novianti and D. Herwanto, “Penerapan Line Balancing Produksi Arm Rear Brake dengan Metode Ranked Positional Weight di PT. Ciptaunggul Karya Abadi” Jurnal Serambi Engineering, vol. 8, pp. 5875-5882, April 2023.

D. K. Sofyan dkk, “Penyeimbangan Lintasan Produksi Vulkanisir Ban Dengan Metode Large Candidate Rule (LCR)” Vol. 5, April 2019.

R. Ginting, Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Diterbitkan

2024-05-19