IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGHILANGKAN PEMBOROSAN LINI PRODUKSI DI CV. ISTANA GLOVES YOGYAKARTA

Penulis

  • Ahmad Fauzi Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Emmy Nurhayati Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dyah Ari Susanti Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

sarung tangan, value stream mapping, waste defect, six sigma

Abstrak

CV. Istana Gloves Yogyakarta ini adalah Perusahaan sarung tangan golf, sarung tangan pilot, dan juga masker yang berdiri sejak tahun berkolaborasi dengan PT. ASA (Adi Satria Abadi) perusahaan ini adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang garment atau pembuatan sarung tangan, masker dan accessories lainnya. CV. Istana Gloves Yogyakarta juga memiliki berbagai tantangan masalah dalam hal keefisienan dalam produksi baik itu dari pemborosan (Waste) dari berbagai hal dan masalah dalam hal cacat produk yang kadang ada. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi tentang penyebab dari waste defect itu sediri dan juga bagaimana cara menguranginya. Untuk Metode VSM digunakan untuk melihat penyebab dari pemborosan itu sendiri dan untuk metode six sigma itu digunakan untukmencari level sigma dan untuk mengurangi jumlah cacat produk. Dari hasil penelitian ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut: Jenis pemborosan yang paling yang ditemukan dan paling dominan adalah perborosan berupa cacat produk dengan dan jenis defect yang paling dominan adalah jenis waste sobek dan bolong dengan rata-rata presentase Defect sebesar 6,79%. Penyebab Defect dengan analisis menggunakan fishbone paling banyak disebabkan oleh faktor mesin dan manusia. Pada bagian tabel Proses Activity Mapping (PAM) mengalami pengurangan waktu kerja pada bagian Permak cacat dan juga trimming permak Defect sebesar 57 detik karena ada pengurangan dibagian produk cacat maka secara otomatis pada waktu permak akan berkurang.

Referensi

A. M. Zulfikar and T. Rachman, “Penerapan Value Stream Mapping Dan Process Activity Mapping Untuk Identifikasi Dan Minimasi 7 Waste Pada Proses Produksi Sepatu X Di PT. PAI,” Jurnal Universitas Esa Unggul, vol. 16, no. 1, pp. 13-24, April 2020.

B. Setiawan, I. Setiawan, H. Kurnia, M. Wahid, and H. H. Purba, “Implementasi Metode Value Stream Mapping Pada Industri: Tinjauan Literatur Sistematis,” Journal Of Industrial & Quality Engineering, vol. 10, no. 2, 103-116. Agustus 2022.

S. F. Salimah, S. Akhmad, K. Winarso, R. F. Azmi, and U. Nabila, “Rancangan Kinerja Rantai Pasok Cabe Jamu Kabupaten Sumenep Dengan Pendekatan Value Stream Mapping,” Jurnal Manajemen & Teknik Industri, vol. XXIII, no. 1, 31-38, September 2022.

Diterbitkan

2024-05-20