IDENTIFIKASI KUALITAS CACAT PRODUK PADA TEGEL KUNCI DENGAN METODE LEAN SIX SIGMA DAN TEORIYA REHENIYA IZOBREATATELSKIKH ZADACT (TRIZ) DI PT MATTA INDONESIA

Penulis

  • Madana Primasiwi Nevada Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

pengendalian kualitas, cacat produk, lean six sigma, TRIZ

Abstrak

Perkembangan era industrialisasi saat ini menciptakan persaingan yang mengakibatkan permasalahan sosial, ekonomi, dan teknologi. PT Matta Indonesia menghadapi kendala dalam mengendalikan kecacatan produk yang mempengaruhi biaya produksi. Beberapa jenis kecacatan, seperti gelembung, nyacing, gumpil, flek, nendang, blobor, dan tambalan  disebabkan oleh faktor manusia, mesin, dan material. Penelitian ini menggunakan metode Lean Six Sigma dan Teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadath (TRIZ) untuk meminimalisasi kecacatan produk. Langkah perbaikan melibatkan identifikasi masalah dengan matriks kontradiksi TRIZ dan penerapan Lean Six Sigma, terutama dengan pendekatan Value Stream Mapping (VSM). Analisis data cacat pada periode Januari-Desember 2022 mengungkapkan faktor-faktor penyebab, seperti manusia, bahan baku, metode, mesin, dan lingkungan. TRIZ  dapat diintegrasikan pada tahap analisis untuk merumuskan langkah-langkah perbaikan. Hasil analisis menunjukkan jumlah cacat untuk setiap jenis, dengan pengaruh faktor-faktor tertentu. Penerapan TRIZ diharapkan dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan serta menghasilkan ide kreatif dan inovatif untuk strategi bisnis. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor penyebab kecacatan produk dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi produk cacat di PT Matta Indonesia.

Referensi

A. I. Faried and D. S. Sari, "Keterhubungan Pola Pengambilan Keputusan Efektif, Struktur dan Budaya Organisasi di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan," jurnal manajemen tools, vol. 8, no. 2, 2017.

A. Madjidu, I. Usu and Yakup, "Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai," Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 444-462, 2022.

S. Kurniawan, E. W. Yunitasari and E. Nurhayati, "Identifikasi Produk Cacat Briket Tempurung Kelapa menggunakan Six Sigma dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)," Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , vol. 8, no. 1, pp. 1-14, 2022.

M. Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Edisi Ketiga, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2010.

E. Herlina, F. H. E. Prabowo and D. Nuraida, "Analisis Pengendalian Mutu Dalam Meningkatkan Proses Produksi," Jurnal Fokus Manajemen Bisnis,vol. 11, no. 2, pp. 173-188, 2021.

H. Ariyah, "Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Peningkatan Efisiensi Mesin Batching Plant (Studi Kasus:PT. Lutvindo Wijaya Perkasa," Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapa,vol. 1, no. II, pp. 70-77, 2022.

V. Gasspersz, Lean Six Sigma, Jakarta: Gramedia Pustaka UtAMA, 2007.

V. Gaspersz, Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

A. R. Septiana, Manajemen Inovasi Memenangi Kompetisi, Mengantisipasi Disrupsi, in Manajemen Inovasi Memenangi Kompetisi, Mengantisipasi Disrupsi, Qnerza Publishing, 2020.

Diterbitkan

2024-05-20