ANALISIS LINE BALANCING PRODUKSI SARUNG TANGAN MENGGUNAKAN METODE MOODIE YOUNG DAN KILBRIDGE WESTERN DI CV ISTANA GLOVES YOGYAKARTA

Penulis

  • Anton Wijanarko Program Studi Teknik Industri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

keseimbangan lintasan, Moodie Young, Kilbdrige Western, Promodel

Abstrak

CV Istana Gloves Yogyakarta (IGY) bergerak dibidang industri sarung tangan yang ada di Yogyakarta, yang terletak di Jl. Prambanan, Piyungan, Jlatren, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Permasalahan di CV IGY adalah terdapat penumpukan pada bagian proses produksi dan terdapat selisih waktu siklus yang cukup besar antar stasiun kerja dengan selisih waktu 553 detik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi lintasan produksi di CV IGY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Moodie Young dan Kilbridge Western untuk perbaikan keseimbangan lintasan produksi. Serta menggunakan aplikasi Promodel untuk menggambarkan aliran proses produksi sarung tangan.Hasil perbandingan kondisi awal didapatkan dianalisis nilai line efficiency sebesar 30%, nilai balance delay sebesar 70% dan nilai smoothing index sebesar 26,41. Setelah dianalisis dengan metode Moodie Young, line efficiency meningkat sebesar 57%, nilai balance delay menurun sebesar 56% dan nilai smoothing index menurun sebesar 77%, sedangkan pada metode Kilbridge western, nilai line efficiency meningkat sebesar 50%, nilai balance delay menurun sebesar 43% dan nilai smoothing index menurun sebesar 55%. Metode yang paling efektif adalah metode Moodie Young karena dapat meningkatkan nilai line efficiency menjadi 69%, dapat menurun nilai balance delay menjadi 31% dan nilai smoothing index terkecil yaitu sebesar 6,13.

Referensi

Ghufron, "Analisis Pendekatan Line Balancing Menggunakan Metode Rangked Position Weights, Largest Candidate Rule Dan J-Wagon Pada Proses Produksi Kaus Sabrina Collection," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 8, no. 1, pp. 1-6, 2020.

R. Ginting, Sistem Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.

J. Pradesi, N. A. Yaqin, and R. Yahya, "Meningkatkan Efisiensi Lintasan Kerja Menggunakan Metode RPW dan Killbridge Western Di PT. Sango Ceramic Indonesia," Indonesian Journal of Science & Technology, vol. 2, no. 2, pp. 8-25, 2021.

I. K. Sriwana, A. Jatikusumo, N. Erni, A. Suwandi, and T. Rachman, "Usulan Perbaikan Keseimbangan Lini di PT. XYZ Menggunakan Moodie-Young dan Ranked Positional Weight untuk Meningkatkan Efisiensi Lini Produksi," Jurnal Metris vol. 22, no. 02, pp. 82–91, 2021.

Diterbitkan

2024-05-20