PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PEKERJAAN KUSEN PINTU JENDELA PADA BANGUNAN RUANG KELAS 2 LANTAI

Penulis

  • Subhan Kurniawan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

kusen kayu, aluminium, material biaya

Abstrak

Kusen adalah suatu rangka dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti alumunium dan plastik yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah konstruksi serta keinginan dari pemilik bangunan. Selain itu kusen juga mengambil bagian estetika suatu gedung, pada umumnya kusen yang dipakai adalah jenis kusen kayu, namun karena bahan kayu semakin langka dan membuat harganya semakin melambung maka kusen kayu beralih ke aluminium dan lainnya. Pada zaman sekarang mencari kayu dengan kualitas baik sangat susah, seperti kayu jati yang sudah langkah dan mahal, maka dalam pembuatan kusen sebaiknya memilih material yang tepat sehingga didapatkan material yang baik dan efisiensi dalam biaya.

Referensi

S. Sastraatmaja, Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung: NOVA, 1984.

J. A. Mukomoko, Dasar Penyusunan Anggaran Biaya. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1986.

S. Octafiana, ANALISA PERBANDINGAN BIAYA DANWAKTU PADA PEKERJAAN KUSEN KAYU, UPVC DAN ALUMINIUM. Atma Jaya Yogyakarta, 2016. [Online]. Available: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9245

I. Pratama, ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PEKERJAAN KUSEN KAYU DENGAN KUSEN ALUMINIUM (STUDI KASUS PERUMAHAN DI PURWOKERTO). Muhammadiyah Purwokerto, 2019. [Online]. Available: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8867

K. P. Sari, U. D. Arman, and M. Ridwan, “Analisis Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Berdasarkan Metode Sni Dengan Perhitungan Kontraktor,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 240–246, Jan. 2021.

M. Tedja, I. B. Sidauruk, and R. Rahmadyansah, “Perbandingan Pekerjaan Kusen dan Pintu Bahan Kayu dengan Bahan Alumunium,” ComTech Vol. 6, No. 2, p. 301, Juni 2015.

H. B. Ibrahim, Rencana dan estimate real of cost. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Diterbitkan

2024-05-21