EVALUASI STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG DIKLAT RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN SNI 1726-2019

Penulis

  • Maulana Fathnan Amin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

analisis struktur, gempa, SNI 1726-2019

Abstrak

Indonesia merupakan wilayah yang sangat aktif secara seismik karena terletak di antara titik pertemuan empat lempeng tektonik: Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, Lempeng Filipina, dan Lempeng Indoaustralia. Hal ini mempengaruhi tingkat ketahanan bangunan terhadap tekanan gempa dan harus diperhitungkan. Struktur gedung harus memenuhi syarat desain yang terdapat pada SNI 1726 yang mengatur tentang struktur gedung dari aspek ketahanan gempa. Edisi terbaru dari SNI 1726 adalah SNI 1726 - 2019. Seluruh perencanaan gedung yang ada di Indonesia harus memenuhi syarat dari standar tersebut. Peneilitian ini dilakukan menggunakan aplikasi Etabs dan Microsoft Exel untuk mengolah data yang diperoleh dari kontraktor. Penelitian dilakukan untuk mencari Simpangan antar lantai apakah memenuhi syarat dari SNI 1726 - 2019. Berdasarkan hasil penelitian, Gedung Diklat Rumah Sakit dapat dilihat dari analisis partisipasi massa sudah diatas 95% di kedua arah orthogonal dan hal ini sudah sesuai dengan persyaratan. Perencanan struktur Gedung Diklat Rumah Sakit direncanakan diawali dengan permodelan struktur, input dimensi struktur, input beban, perhitungan beban gempa, input beban gempa, menentukan simpangan antar lantai. Berdasarkan Analisa tersebut dapat disumpulkan bahwa Permodelan struktur Gedung Diklat Rumah Sakit Sudah sesuai dengan SNI dikarenakan simpangan antar lantai lebih kecil dari simpangan antar lantai desain (∆ < ∆ijin).

Referensi

F. T. Hilma dan G. Anzhari, Evaluasi Kinerja Bangunan Menara Universitas Semarang Mengunakan Analisa Pushover. Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung, 2021. [Online]. Tersedia: Unissula Repository.

Indonesia. Badan Standardisasi Nasional, SNI 2847:2019, Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung dan penjelasan. Badan Standardisasi Nasional; 2019. [Online]. Tersedia: https://tekonsipil.sv.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/938/2020/01/SNI-2847-2019-Persyaratan-Beton-Struktural-Untuk-Bangunan-Gedung-1.pdf.

Diterbitkan

2024-05-22