Minat Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Memilih masuk Program Keahlian Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan Ma'arif 2 Sleman Yogyakarta

Authors

  • Tika Margiyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widjiningsih Widjiningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Wahyu Andayani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Minat, Keahlian Tata Busana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui 1) tingkat minat keseluruhan siswa dalam memilih program keahlian tata busana; 2) tingkat minat siswa dalam memilih program keahlian tata busana ditinjau dari unsur internal; 3) tingkat minat siswa dalam memilih program keahlian tata busana ditinjau dari unsur internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) data keseluruhan tingkat minat siswa masuk program keahlian tata busana di SMK Ma’arif 2 Sleman Yogyakarta berada pada kategori tinggi dengan frekuensi relatif 42,18%; 2) Tingkat minat siswa ditinjau dari faktor internal dalam pemilihan program keahlian tata busana pada kategori tinggi dengan frekuensi relatif 40,62%; 3) Tingkat minat siswa ditinjau dari faktor eksternal dalam pemilihan program keahlian tata pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi relatif 32,81.
Kata Kunci: Minat, Keahlian Tata Busana

The purpose of this research is: 1) To find out the overall interest factors of students in choosing a fashion expertise program; 2) To find out the interest factors of students in choosing a fashion expertise program reviewed from internal elements; 3) To find out the interest factors of students in choosing a fashion expertise program reviewed from external elements. This research is a type of descriptive research with a quantitative approach. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The results showed that: 1) the overall interest data of students entering the fashion expertise program at SMK Ma'arif 2 Sleman Yogyakarta in the 2020/2021 school year was in the high category with a relative frequency of 42.18%; 2) Judging from internal factors in the selection of fashion expertise programs in high categories with a relative frequency of 40.62%; 3) Viewed from external factors in the selection of tata expertise programs in very high categories with a relative frequency of 32.81%.
Keywords : interest, dressmaking skills

Published

2022-09-30

Issue

Section

SEMNASDIK 2022