Analisis Pengaruh Kerenggangan Celah Busi terhadap Emisi Gas Buang pada Modil suzuki Ignis

ANALISIS PENGARUH KERENGGANGAN CELAH BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOBIL SUZUKI IGNIS

Authors

  • edo prayogi purnomo gesang universitas sultan ageng tirtayasa
  • Dudi Suhendi2 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Celah Busi, Emisi Gas Buang, Kendaraan Bermotor,Busi

Abstract

Kontribusi emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor merupakan penyumbang polusi terbesar di dunia. Dampak polusi tersebut semkain meningkatkan dengan meningkatnya jumlah penggnaan bermotor khsusnya pada mobil. Mobil yang sering digunakan tentu harus melakukan perawatan pada mesinnya. Busi merupakan salah satu komponen yang berperan dalam pembekaran mesin dalam sistem pengapian kendaraan bermotor. Pengujian kandungan emisi gas buang ini dilakukan di bengkel CV DTRACK . Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode eksperimental, dimana dilakukan dengan 3 buah busi dan 1 buah mobil suzuki ignis 2018 tipe k12m 12000 cc. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semakin besar ukuran busi maka akan menghasilkan kadar emisi HC semakin tinggi begitupun dengan kandungan gas emisi lainnya sedangkan untuk ukuran busi yang paling kecil yaitu 0,6 ternyata menghasilkan kadar emisi gas buang yang cukup tinggi pula dan untuk busi yang memiliki kriteria paling baik adalah 0,7 mm dikarenakan memiliki kandungan kadar CO2 paling rendah jika dibandingkan dengan ukuran busi yang lain.

Published

2022-08-31

Issue

Section

SEMNASDIK 2022