Peran Orang Tua dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19

Peran Orang Tua, Hambatan Pembelajaran Daring

Authors

  • Adam Darmawan Putra Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Peran orang tua dalam  pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. (2) Hambatan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas X Tata Busana. (3) Pengaruh peran orang tua dalam mengatasi hambatan pembelajaran daring pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Sewon.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran orang tua kelas X Tata Busana di SMK Negeri 1 Sewon dalam kategori sedang dengan frekuensi relatif 32,2%. (2) hambatan pembelajaran daring siswa SMK Negeri 1 Sewon dalam kategori sedamg dengan frekuensi relatif 27,7%. (3) Tidak ada pengaruh antara peran orang tua dan hambatan pembelajaran daring siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,086 < 0,25.

Kata Kunci: peran orang tua, hambatan pembelajaran daring.

 

Published

2022-08-01

Issue

Section

SEMNASDIK 2022