Disiplin Siswa Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran PCKI di SMK Negeri 1 Kalasan

Disiplin siswa, Hasil belajar PCKI

Authors

  • Annisa' Nur Karimah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widjiningsih Widjiningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Wahyu Andayani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Disiplin siswa, Hasil belajar PCKI

Abstract


Tujuan penelitian ini ini untuk mengetahui: 1) pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Cake&Kue Indonesia, 2) tingkat disiplin siswa, 3) hasil belajar mata pelajaran Produk Cake&Kue Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data uji korelasi Product Moment yang didahulai uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pcki dengan nilai r hitung = 0,519 > rtabel = 0,235. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,270, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel disiplin siswa terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 27,0%, (2) Tingkat disiplin siswa dalam kategori cukup dengan persentase 66%. (3) Kategori hasil belajar mata pelajaran pcki dalam kategori tinggi dengan persentase 88,7%.

Published

2022-08-30

Issue

Section

SEMNASDIK 2022