Analisis Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Merdeka Belajar Siswa SMK

Authors

  • Taufik Hidayat UST
  • Sigit Purnomo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Samsul Hadi UST
  • Setuju Setuju

Keywords:

model pembelajaran; jigsaw; hasil belajar siswa; merdeka belajar.

Abstract

(1) Kajian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan Hasil  Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (2) Kajian ini merupakan Penelitian deskripitf, yang dimana suatu penelitian berusaha menjawab suatu masalah yang ada berdasarkan data-data artikel maupun jurnal nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Tujuan kajian ini adalah Proses Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK dan Penerapan Metode Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. (3) Hasil kajian berdasarkan hasil penelitian sebelumnya atau terdahulu, menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Peningkatan dapat dilihat dari prestasi hasil nilai pembelajaran siswa Sekolah Menengah Kejuruan. (4) Berdasarkan analisis data serta pembahasan dalam pengkajian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMK dengan metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran SMK, bertujuan menambah minat dan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2022-08-31

Issue

Section

SEMNASDIK 2022