Pengembangan Media Pembelajaran Jobsheet Pembuatan pola Kemeja Di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Lilis Prasetya Universitas Sarjana wiyata Tamansiswa
  • Widjiningsih Widjiningsih universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Enggar Kartikasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Media Pembelajaran, Jobsheet, kemeja

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian: 1) Memperoleh produk pengembangan media pembelajaran jobsheet pada mata pelajaran pembuatan pola; 2) Mengetahui tingkat kelayakan jobsheet; 3) Mengetahui pendapat peserta didik tentang media jobsheet. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau research and Development (R&D). Hasil penelitian: 1) Produk pengembangan media berupa jobsheet dikembangkan melalui 5 tahap pengembangan menurut Tim Putlitjaknov yaitu: a) analisis kebutuhan produk; b) pengembangan produk awal; c) validasi ahli dan revisi; d) uji skala kecil dan revisi;  e) uji skala besar dan produk akhir, 2) Media pembelajaran jobsheet dinyatakan layak sebagai media pembelajaran oleh dua observer pada uji skala kecil dengan persentase 92,85% oleh observer I, 100% oleh observer II. Berdasarkan hasil observasi oleh 2 observer pada uji skala besar diperoleh skor persentase 100% oleh observer I dan 100% oleh observer II. Rerata 2 uji memperoleh 98,21% menunjukan media pembelajaran “layak” untuk digunakan,  3) berdasarkan pendapat siswa pada uji skala kecil masuk dalam kategori sangat setuju dengan persentase 93,75% dan pada uji coba skala besar sangat setuju dengan persentase 91,76% dengan rerata 2 uji memperoleh 92,76%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran jobsheet “sangat setuju” digunakan dalam proses pembelajaran pembuatan pola kemeja.

Published

2022-08-31

Issue

Section

SEMNASDIK 2022