Studi Literatur: Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0

Penulis

  • Antonius Budiarto Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Ratna Dynawati Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Darmi Rahayu Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Peran Pendidik, Inovasi Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Era Revolusi Industri 4.0

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan situs internet. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era revolusi industri 4.0. bidang pendidikan mengalami pergeseran dalam hal metode dan strategi pembelajaran. Pada pembelajaran tradisional guru dan siswa bertatap muka pada waktu yang sama-tempat yang sama, guru berperan sebagai pusat yang mengendalikan pembelajaran. Di era revolusi industri 4.0. pembelajaran dilakukan dengan pendekatan waktu yang sama-tempat yang berbeda dan waktu yang berbeda-tempat yang berbeda.  Pembelajaran diintegrasikan dengan teknologi informasi (internet) melalui e-learning yaitu pembelajaran jarak jauh tanpa harus bertatap muka dengan peserta didik, sehingga siswa berperan sebagai pusat pembelajaran dan guru hanya fasilitator. Teknologi informasi telah mengintegrasikan program komputer berbasis internet sehingga muncul e-book, e-learning, e-journal, e-dictionary, e-lab, dan sebagainya.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa di era revolusi industri 4.0 pendidik professional harus berinovasi dan meningkatkan kompetensinya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran.  Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pada akhirnya akan menciptakan SDM yang unggul dan berkarakter dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2018). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, Eki. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Hal. hal. 657-666 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. Vol. 2, No. Banten.

Kristiawan, dkk. (2018). Inovasi Pendidikan. Cetakan I. Ponorogo: Wade Print.

Nurdyansyah, dan Andiek Widodo. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Cetakan I. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

P21. (2019). Framework For 21st Century Learning Definitions. Diambil 29 April 2022 (https://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21_Framework_DefinitionsBFK.pdf).

Santika, I. Gusti Ngurah. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education And Development Vol.9 No.2:369–77. doi: https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500.

Suyahman. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Komunikasi Melalui Daring Dalam Pembelajaran PPKN Bagi Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Bouolali Tahun Pelajaran 2019-2020. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Jakarta. Hal. 229–37

Wurianto, Arif Budi. (2018). Pengembangan Pendidikan Vokasi Bidang Sosio-Humaniora Menghadapi Revolusi Industri Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Hal. 89–94

Yakub, dan Vico Hisbanarto. (2014). Sistem informasi Manajemen Pendidikan. Cetakan I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Cetakan I. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuliana. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Islamic Education Manajemen Vol.4 No.:119–32. doi: DOI:10.15575/isema.v3i2.5179.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09