Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Smk Perindustrian Yogyakarta

Penulis

  • Danang Jumiyanto Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

metode pembelajaran, project based learning, motivasi dan prestasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Perindustrian Yogyakarta setelah diterapkan penggunaan metode pembelajaran project based learning. Penelitian ini dilakukan di SMK Perindustrian Yogyakarta, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 16 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart, metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran project based learning. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pembelajaran berpusat pada peserta didik, siswa melakukan kegiatan diskusi menghasilkan produk nyata dalam kelompok. Langkah berikutnya yaitu siswa mendemostrasikan hasil dari diskusi kelompok di depan kelas. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta prestasi belajar yang telah dicapai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat motivasi belajar dalam kelompok mengalami kenaikkan tiap siklusnya, yaitu kelompok I 62,5% menjadi 87,5%; kelompok II 62,5% menjadi 100%; kelompok III 56,25% menjadi 93,75%; kelompok IV 65% menjadi 100%;. Prestasi belajar siswa naik dari tiap siklusnya, yaitu hasil postest pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam satu kelas sebanyak 11 siswa atau 68,75%, sedangkan pada siklus II sebanyak 16 siswa atau 100%. Penerapan metode pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karena siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan sebuah produk.

Referensi

Baharuddin Esanu Nur Wahyuni. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Chabib Thoha. (1991). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dwi Siswono, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan. J. J. & Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group

Khanifatul (2013). Pembelajaran Inovatif : Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Sobry Sutikno. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTT Press

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugihartono DKK. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY press

Suharsimi Arikunto., Suhardjono. & Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Suprihatiningrum, J. (2012). Strategi Pembelajaran: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Suryobroto. (1986). Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Amarta Buku

Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Zainal Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09