Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Perkalian Dan Pembagian Yang Dikembangkan Untuk Siswa Kelas II SD

Penulis

  • Clara Resti Anggraini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Kintan Limiansih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Perkalian dan Pembagian, Matematika, Systematic Literature Review

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan media pembelajaran perkalian dan pembagian dan karakteristik media yang dikembangkan untuk siswa kelas II sekolah dasar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 11 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari google cendekia. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran yang dominan dikembangkan yaitu media model dengan tema permainan. Berdasarkan kajian literatur yang dikumpulkan bahwa karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan untuk siswa kelas II sekolah dasar yaitu menarik, efektif, dan praktis.

Referensi

Andani, M., Pranata, O.H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: Model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417. Diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/35391/15074.

Anggraini, Nurul., Mohammad Muhyidin Nurzaelani. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran matematika kelas 2 di SDN Gunung Gede Kota Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-72. Diperoleh dari http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/EDUCATE/article/view/2733/1706

Asmara, Dwi Virgo Mulia., Dedi Kuswandi., Abdur Rahman As’ari. (2020). Pengembangan media kobaki pada materi perkalian dan pembagian untuk siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1839-1847. Diperoleh dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14358/6308.

Astari, Tiara., Rohimi Zamzam., Natasya Dewitasari. (2020). Video pinkan-pinba untuk mengenalkan perkalian dan pembagian dasar pada anak usia 7-8 tahun. Prosiding Seminar Nasional Penelitian UMJ, 1-12. Diperoleh dari

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haryono, Ari Dwi. (2014). Matematika dasar untuk PGSD. Malang: Aditya Media Publishing.

Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karmiani, S. (2018). Penggunaan media komik berbahasa inggris sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa inggris pada siswa kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. Diperoleh dari https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/6514/5873

Karwati, E. (2014). Manajemen kelas (classroom management): Guru professional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Leonita, Livia., Budiyono. 20. Pengaruh media permainan kartu mathca terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 49-58. Diperoleh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/33252.

Maria, Kolekta. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di SD Katolik Wetakara. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(12), 67-77. Diperoleh dari https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/378/260.

Mashuri, Sufri. (2019). Media pembelajaran matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyati, Tri., Rida Fironika Kusumadewi., Nuhyal Ulia. (2021). Pembelajaran interaktif melalui media komik sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 28-39. Diperoleh dari https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4054/2498.

Mutia, Yana Setiani., Yumi Sarassanti., Muhammad Akip. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian siswa menggunakan model demonstrasi berbantuan media permen di kelas IIC SDN 04 Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Matematika (Al Khawarizmi), 1(2), 33-41. Diperoleh dari https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/273.

Ningsih, Resti Sarifah., Linda Hania Fasha. (2021). Pembelajaran perkalian dan pembagian dengan model teams games tournament berbantuan media keranjang biji-bijian terhadap hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 195 Isola. Journal Of Elementary Education, 4(4), 631-639. Diperoleh dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5585/2487.

Nurlaili, Siti., Sri Hartatik., Akhwani., Mohammad Taufiq. (2020). Pengembangan media pembelajaran malongka (mari lompat angka) dalam menyelesaikan soal open-ended materi operasi bilangan kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 577-592. Diperoleh dari https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/269/167.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran matematika yang menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwaningtias, Fitri. (2020). Desain aplikasi pembelajaran math kelas II berbasis android (Studi kasus: SD Negeri 1 Lingkis). Jurnal Informanika, 6(20), 37-41. http://journal.poltekanika.ac.id/index.php/inf/article/view/164/152.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan Di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018: Programme for international student assessment. Kemendikbud. Diperoleh dari https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/tLBwAm6zAGGbofK.

Puspaningtyas, N.D. (2020). Berpikir lateral siswa SD dalam pembelajaran matematika. MATHEMA JOURNAL, 1(1), 51. Diperoleh dari https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/351/245.

Putri, L.A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. MATHEMA JOURNAL, 2(1), 32-39. Diperoleh dari https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/568/355.

Sanjaya, Wina. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sari, Annisa Herlida. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media realia pada siswa kelas 2 SD. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 52-58. Diperoleh dari https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/6835/pdf .

Suryani dkk. (2018). Media pembelajaran inovatif. Bandung: PT Remaja.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09