Efektivitas Penggunaan Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alat Ukur

Penulis

  • Arif Bintoro Johan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Nurcholish Arifin Handoyono Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Suparmin Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Adi Noviantoro Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

Google Classroom, Whatsapp, Hasil Belajar, Alat Ukur

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Google classroom dibandingkan dengan penggunaan Whatsapp group terhadap hasil belajar alat ukur siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental design tipe nonquivalent control grup. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TBSM yang terdiri dari 42 siswa. Sampel diambil dengan cara diacak yaitu kelas X TBSM A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X TBSM B sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas tersebut terdiri dari 21 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan deskriftif, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t.  Penelitian telah membuktikan bahwa hasil belajar alat ukur pada siswa yang menggunakan google classroom lebih baik dari pada diberikan whatsapp group pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sleman tahun ajaran 2020/2021.

Referensi

Albashtawi, A. H., & Al Bataineh, K. B. (2020). The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(11). https://doi.org/10.3991/IJET.V15I11.12865

Chung, M.-K. (2000). The development of self-regulated learning. Asia Pacific Education Review, 1(1). https://doi.org/10.1007/bf03026146.

Clemons, T. L. (2008). The National Research Center on The Gifted and Talented Underachieving Gifted Students: A Social Cognitive Model. Underachieving Gifted Students: A Social Cognitive Model, April.

Couto Zoltowski, A. P., & Pereira Teixeira, M. A. (2020). Development of Self-Regulated Learning in College Students: A Qualitative Study. Psicologia Em Estudo, 25. https://doi.org/10.4025/psicolestud.v25i0.47501.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2020). Development of android-based learning application in EFI materials for vocational schools. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012050.

Handoyono, Nurcholish Arifin, & Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.791.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3.

Imansyah, M. N. (2020). Evektifitas Pembelajaran dengan Google Classroom dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3.

Kemdikbudristek. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tentang Sistem Pembelajaran Jarak Jauh/Daring.

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. EDUKATIF : JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259.

Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-regulated learning: Current and future directions. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(3).

Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1). https://doi.org/10.1177/2347631120983481.

Pratama, F., & Sukardi, S. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan ….

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. In Kencana,Prenadamedia Group (6th ed.). Kencana.

Sidabutar, R. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2). https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1308.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09