Pengembangan Video Pembelajaran Otomotif Di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen

Penulis

  • Sigit Purnomo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Moh Davawardana Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Subagyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Samidjo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dianna Ratnawati Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa, Indonesia

Kata Kunci:

pengembangan, video tutorial, klasifikasi engine, taman karya

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan video pembelajaran klasifikasi engine di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Model pengembangan penelitian ini menggunakan 4D (Four D models) dengan empat langkah, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development) dan penyebaran (Dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi. Penelitian ini diujikan kelayakannya oleh ahli materi dan media, serta oleh siswa untuk mengetahui responnya terhadap video pembelajaran. Teknik analisis data yang diterapkan yaitu deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini mendapatkan hasil sangat baik berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan total nilai 191dan nilai Rata-rata 85.3%, oleh ahli media mendapatkan total nilai 75 dan nilai rata-rata 89,3%. Uji kelayakan pada siswa: kelompok kecil mendapatkan total nilai 645 nilai rata-rata 85.3% dan kelompok besar denga nilai 1287 dan nilai rata-rata 85.1%. Berdasarkan data tersebut maka media pembelajaran berbasis video tutorial memiliki penilaian sangat layak sehingga layak diterapkan pada pembelajaran di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen.

Referensi

Abizar, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lesson Study Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK. JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION (VANOS), 1(2), 103–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1013.

Gamizar Naufal Rafif, Hamidillah Ajie, & Yuliatri Sastrawijaya. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Ddg Untuk Peserta Didik Di Smk Program Keahlian Multimedia. PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer. https://doi.org/10.21009/pinter.5.2.6.

Ho, C. M., Yeh, C. C., Wang, J. Y., Hu, R. H., & Lee, P. H. (2021). Pre-class online video learning and class style expectation: patterns, association, and precision medical education. Annals of Medicine. https://doi.org/10.1080/07853890.2021.1967441.

Ikhwan, I. (2020). Inovasi Media Cetak Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Tribun Timur). Jurnal Mercusuar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Nomor 20 Tahun 2003, 1 (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. 640–647.

Kustoyo, H. S. (2021). Penerapan Discovery Learning Melalui Aktivitas Tsts Dan Window Shopping Pada Siswa Kelas Ix. Jurnal Ilmiah WUNY. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40710.

Lee, J., Park, J. C., Jung, D., Suh, C. W., & Henning, M. A. (2021). Video learning strategies affecting achievement, learning approach, and lifelong learning in a flipped periodontology course. Journal of Dental Education. https://doi.org/10.1002/jdd.12572.

Mad Noor Madjapuni, J. H. (2019). Kemahiran Berfikir Kritis Melalui Permainan Digital Dalam Persekitaran Pembelajaran Konstruktivisme Sosial. International Journal of Education, Psychology and Counseling.

Mursid, R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan, XXXII(1), 27–40. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1257.

Nurtanto, M., Sofyan, H., Fawaid, M., & Rabiman, R. (2019). Problem-based learning (PBL) in industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071128.

Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. TAMAN VOKASI. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2972.

Ratnawati, D., Martono, R., & Rabiman, R. (2020). Pengembangan E-Modul Sistem Rem untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i1.30987.

Ratnawati, D., Purnomo, S., & Handoyono, N. A. (2020). Membangun Kolegalitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui LSLC. Abdimas Dewantara. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4352.

Seo, K., Dodson, S., Harandi, N. M., Roberson, N., Fels, S., & Roll, I. (2021). Active learning with online video: The impact of learning context on engagement. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104132.

Sigit Purnomo, Elyas Djufri, A. K. (2020). Pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis e-learning edmodo mahasiswa pendidikan vokasional teknik mesin. Jurnal Taman Vokasi, 8 (2), 74.

Siswanto, B. T. (2012). Model Penyelenggaraan Work-Based Learning pada Pendidikan Vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1013.

Sonhaji, I., Endrawijaya, I., Lamtiar, S., & Anam, K. (2022). Workshop Pelatihan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Open Broadcast Software (OBS) Studio bagi Guru-Guru SMA/SMK di Wilayah Tangerang Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.54082/jamsi.189.

Spires, H. A., Medlock Paul, C., & Kerkhoff, S. N. (2018). Digital Literacy for the 21st Century. July, 12–21. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7659-4.ch002.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (2016). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Spesial Education, University of Minnesota. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Umaroh, S. T., Soeryanto, S., Warju, W., & Muslim, S. (2022). Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2068.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839.

Wagiran, Pardjono, & Sofyan, H. (2020). What industry needs of vocational school graduate competence in the era of industrial revolution 4.0. J, 29(5).

Yoon, M., Lee, J., & Jo, I. H. (2021). Video learning analytics: Investigating behavioral patterns and learner clusters in video-based online learning. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2021.100806.

Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information and Management. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.01.004

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09