Pengaruh Umpan Balik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa: Sebuah Studi Kasus

Penulis

  • Yuyun Yulia Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Lyly Guslina Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Adhi Kusuma Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Kata Kunci:

Umpan balik, berpikir kritis, kompetensi abad 21, Teaching Methodology in English for Children

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) jenis umpan balik serta (2) pengaruh umpan balik terhadap kemampuan berpikir mahasiswa pada pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 pada mata kuliah Teaching Methodology in English for Children. Data penelitian diambil dari survei dan tampilan diskusi online melalui portal akademik UST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan balik berasal dari dosen (teacher feedback) dan teman sejawat (peer feedback). Umpan balik yang didapatkan berpengaruh pada kemampuan berpikir mahasiswa serta strategi belajar mahasiswa baik secara langsung (direct strategy) maupun tidak langsung (indirect strategy). Hasil umpan balik dari dosen dan teman sejawat membantu mahasiswa berpikir kritis yang dapat meningkatkan kompetensi abad 21.

Referensi

Anderson, T. (2008). Teori dan Praktek Pembelajaran Online. Pers Universitas Athabasca.

Astuti, A. P. (2013). Efektivitas Umpan Balik Sejawat untuk Meningkatkan Kemampuan Witing Siswa Kelas 1 1 10 SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Coklat, H. (2007). Prinsip bahasa dan pengajaran. Longman.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL). Jakarta: Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Dan Lanjutan Pertama.

Hadiyanti, A. R. (2013). Analisis Umpan Balik Tulis Guru secara Tertulis Di Antara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Harmer, J. (2003). Praktek Pengajaran Bahasa Inggris. Longman.

J. Hattie & Timperley, H. (2007). Kekuatan umpan balik. tinjauan Penelitian Pendidikan, 77, 81-112.

Larseen, D. -R. (2000). Teknik dan Prinsip dalam Pengajaran Bahasa (2nd Eittion0. Oxford.

Lewis, M. (2002). Memberikan umpan balik di Kelas Bahasa. Universitas Auckland: Pusat Bahasa Regional SEAMO.

Lundstrom, K. & . (2009). Memberi lebih baik menerima: Manfaat peer review untuk tulisan reviewer sendiri. UT USA: Jurnal penulisan bahasa kedua.

Merriam-Webster, O. D. (n.d.). Studi Kasus. Tersedia di. Diambil dari http://www.merriam-webster.com/dictionary/case%20study.

Muhammad, yaitu (2020). Pengaruh Penggunaan Portal Akademik Kinerja Dosen. Jurnal Internasional Teknologi Inovatif dan Teknik Eksplorasi (IJITEE).

Richards, J.C. (2002). Kamus Longman tentang Pengajaran Bahasa dan Linguistik Terapan. London: Pearson Education Limited.

Sagala, S. H. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-09