PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Authors

  • Eka Puspawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Laras Wati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Utami Andarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Ethnomathematics approach, interest, learning outcomes

Abstract

This research aims to (1) analyze the influence of the ethnomathematics approach on the learning interest of class V students in Rongkop subdistrict, Gunungkidul district, (2) analyze the influence of the ethnomathematics approach on the learning outcomes of class V students in Rongkop subdistrict, Gunungkidul district, and (3) analyze the influence of the approach ethnomathematics on the interests and learning outcomes of Class V students in Rongkop sub-district, Gunungkidul district. This type of research uses a quantitative research approach. The population in this study were all fifth grade elementary school students in Rongkop sub-district, Gunungkidul district in 2022/2023. The sample in this study used nonrandom sampling. The data collection technique used in this research is a questionnaire. The data analysis technique in this research uses multiple regression analysis with three variables. And the analytical tests used consist of prerequisite tests and hypothesis tests. The results of this research show that (1) the ethnomathematics approach has a positive and significant effect on the interest of fifth grade elementary school students in Rongkop subdistrict, (2) the ethnomathematics approach influences the learning outcomes of fifth grade elementary school students in Rongkop subdistrict, and (3) the ethnomathematics approach simultaneously ( together) influence the interest and learning outcomes of fifth grade elementary school students in Rongkop sub-district

References

Anggrelia, T., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 PADA PEMBELAJARAN.

Abidin, Z., Priadi, M.D., Setiawati, E., Yanti, D., & Purwanto, A. (2020). Effect of pedagogic, professional competency, and work motivation toward Indonesian primary school teachers performance.

Afriyanti, M. (2015). Pengaruh pendekatan etnomatematika terhadap kinerja guru sekolah dasar gugus Sadewa dan Bima Kecamatan Kutowikngun Kabupaten Kebumen . Semarang :Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Andriani, E. (2017). Pengaruh pendekatan etnomatematika terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Semarang: Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta. Darmawati, J. (2017). Pengaruh minat belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA

Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90.

Departemen Pendidikan Nasional. (2023). Naskah akademik sertifikasi Kompetensi tenaga kependidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Permendiknas nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kompetensi

guru.

Departemen Pendidikan Nasional. (2016). Undang - undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Departemen Pendidikan Nasional. (2020). Permenneg PAN dan RB No.16 tahun 2020 pasal 15 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Dimyati, (2020). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2020). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta. Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur

Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–26. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/muntazam/article/view/5338

Effendy, A. (2019). Pengaruh kompetensi guru dan budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa sebagai acuan peningkatan layanan pendidikan di SMA Al Izzah Batu. Malang: Doctoral dissertation, University Of Muhammadiyah Malang.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Fitria, R. (2016). Pengaruh kompetensi guru dan iklim organisasi terhadap kinerja guru Pendidikan Agama

Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Al-fikrah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 169-176.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah B. Uno. (2021). Teori Minat dan Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanifuddin, Jamin. (2018). Upaya meningkatkan pendekatan etnomatematika guru At-Ta’dib. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No. 1, Juni 2018

Heriswanto, H. (2018). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMPN ilambuya Kab. Konawe melalui minat kerja sebagai variabel intervening. Aksara Public, 2(3), 136-152.

Indra, S. (2016). Pengaruh kompetensi pada siswa Di SMK Farmako Medika Plus Caringin-Bogor. Surakarta: Doctoral dipssertation, IAIN Surakarta.

Indriani, A. (2016). Pengaruh minat Belajar siswa Kelas V terhadap repstasi belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134-139.

Kuswanto, H., Halim, A., & Priyastiwi, P. (2019). Analisis kompetensi guru di SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018. Yogyakarta: Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Lubna, L. (2014). Isu-Isu Pendidikan di Indonesia: Inovasi Kurikulum dan Peningkatan Pedagogikitas Guru.

SOCIETY, Vol 12, No 2 (2014).

Masdiono, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah

Published

2023-12-08