IMPLEMENTASI MEDIA POJOK BACAAN TERHADAP PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS V SD

Authors

  • Nandita Sefi Hayu Sarasti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Yunus Anis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Pembelajaran, Keterampilan Literasi, Pojok Baca

Abstract

Program for International Student Assessment (PISA) memberikan data mengenai tingkat literasi negara-negara dunia, Indonesia berada pada peringkat 64 dari total 72 negara pada tahun 2018. Hal ini menunjukkan lemahnya masyarakat Indonesia dalam memaknai sumber informasi, atau kemampuan literasinya. masih kurang. Begitu pula dengan siswa kelas V SDN 2 Reco yang kemampuan literasinya masih minim. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang belum memahami makna atau isi bacaan panjang. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, diadakan pojok baca. Dengan adanya pojok baca ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran literasi seperti meningkatkan minat membaca, keterampilan menulis dan keterampilan mendengarkan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Reco Kertek Wonosobo yang berjumlah 57 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini ingin mengungkap secara komprehensif pelaksanaan pojok baca di SDN 2 Reco. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Program pojok baca tersebut meliputi pembuatan pojok baca, pembuatan majalah dinding, kerjasama dengan Arpusda Kabupaten Wonosobo, pembiasaan 15 menit sebelum perkuliahan, serta pembuatan booklet dan jurnal membaca. Penerapan kegiatan tersebut nyatanya dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran literasi. Hal ini didukung dengan peningkatan hasil raport pendidikan dari tahun sebelumnya pada bidang literasi.

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari, Ed.; 2nd ed., Vol. 1). Bumi Aksara.

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Untirta, 3(1).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.). CV Jejak.

Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. Sage Publication .

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, observasi dan focus groups sebagai instrumen penggalian data kualitatif . Rajawali Pers.

Penilaian Pendidikan Badan Penelitian, P., Pendidikan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (n.d.). PENDIDIKAN DI INDONESIA.

Sadri, M., & Irwandy, K. &. (n.d.). MEMBANGUN SEMANGAT SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH.

Saqina, A., & Mardiani Dewi. (2012, June 6). Minat Baca Rakyat Indonesia Masih Minim. Republika.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wray, D. (2004). Teaching Literacy Using Texts to Enhance Learning (D. Wray, Ed.). David Fulton Publishers.

Published

2023-12-08