PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIKLUS AIR BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI

Authors

  • Erniasari Erniasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan model pembelajaran siklus air di Kelas V SD Negeri Mentel II Tanjungsari. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mentel II Tanjungsari pada Siswa Kelas V muatan pelajaran IPA materi Siklus air. Desain penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan rubrik. Populasi penelitian ini adalah seluruh Guru dan siswa Kelas V SD Negeri Mentel II Tanjungsari Tahun Ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian 12 siswa Kelas V. Hasil Peneltian ini adalah Model Pembelajaran Siklus air Menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Animasi (1) mencapai tingkat kelayakan produk 88 dengan metode expert judgement, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang awalnya dari 12 siswa diperoleh sebanyak 7 siswa (100%) tidak mencapai target menjadi sebanyak 6 siswa (86%).

Kesimpulan bahwa Pengembangan Model pembelajaran Siklus air Menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Animasi dapat menyelesaikan penemuan pembelajaran yang terjadi pada Kelas V SD Negeri Mentel II Tanjungsari

References

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

anggi lestari. (2016). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/8639

Anggrelia, T., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 8 PADA PEMBELAJARAN.

Cahyani, D., & Roviati, E. (2016). Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Vi Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di Smpn 1 Cikijing. Jurnal Sains Dan Pendidikan SainsPd.I; Jurusan Tadris IPA Biologi Jalan Perjuangan Bypass Sunyaragi Cirebon, 5(45132), 122–135. Retrieved from www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia

Dolmans, D. H. J. M., Loyens, S. M. M., Marcq, H., & Gijbels, D. (2016). Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Advances in Health Sciences Education, 21(5), 1087–1112. https://doi.org/10.1007/s10459-015-9645-6

Education, E., Fadil, K., Kurnia, D., Ibn, U., Bogor, K., Barat, J., … Barat, J. (2021). Jurnal basicedu, 5(1), 19–29.

Efendi, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi Literatur Literasi Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Harlina, H., Ramlawati, R., & Rusli, M. A. (2020). Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Ix Di Smpn 3 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 96–107. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar [Powerpoint-Based Science Learning Media Development in Elementary Schools]. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis situasi pembelajaran selama pandemi covid-19 di sdn senurus: kemungkinan terjadinya learning loss. Collase, 04(03), 328–336.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan the Application of the Problem-Based Learning Model To Improve the Students Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4, Nomor 1(c), 125–143.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Raihan, S. (2021). Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Publikasi Pendidikan, 11(1), 57. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19075

Rusmayanti, A., Muti’ah, A., & Husniah, F. (2017). Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, Vol. II (2(2), 510–518.

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., Putra, U., & Yptk, I. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, 3(6), 4731–4737.

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Siswa, B. M., & Ammy, P. M. (2021). Jurnal basicedu, 5(5), 3242–3249.

Utia, R., & Fauzi, A. (2021). The Validity Of The Integrated Physics Ebook On Landslide Disaster Mitigation Materials Based On A Inkuiri Model. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 25(1), 630. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v25.1.2731

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2020). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/287323676.p

Published

2023-12-08