PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD N PAKUREJO

Authors

  • Meiria Wulandari Sutoro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPS Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatkan Hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS 6 SD N Pakurejo. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa hasil belajar IPS masih belum optimal dikarenakan sebelumnya pembelajaran dilakukan dengan klasikal dan kurang efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian penelitian tindakan kelas model Kemiis & Mc taggart dengan tahapan  yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah deskreptif kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini adalah 7 siswa kelas 6 SDN Pakurejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada  pelajaran IPS dari kondisi awal rata-rata 66,25 dengan persentase ketuntasan 41,67% meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai siswa 69,58 dengan presentase ketuntasan 50% , dan meningkat pada siklus II rata-rata 78,33 dengan persentase 91,67%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar muatan IPS siswa kelas 6 SD N Pakurejo.

References

Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Arends, R.I. and A. Kilcher, (2010)“Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher”. Rotledge Taylor & Francis Group.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Model Silabus Mata Pelajaran SD/ MI. Jakarta: Cipta Jaya.

Suryanata,Wirawan and Wuryandani,Wuri (2019) Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dan Role playing Terhadap Kerjasama Serta Pemahaman Konsep Siswa SD kecamatan KaloranKabupaten Temanggung. S2 thesis, Program Pascasarjana.

Suryanata, W., & Wuryandani, W. (2019, June). Problem Based Learning as an Alternative Method to Instill Cooperation: a Research Study. In 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018) (pp. 534-537). Atlantis Press.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Published

2023-12-08