Problem Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Murtono Murtono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fitri Andriyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yulianti Yulianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

hasil belajar; perkalian pecahan; Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dalam operasi hitung perkalian pecahan pada siswa kelas 5B SD Negeri Gedongtengen tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5B SD Negeri Gedongtengen dengan jumlah 27 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui test tertulis dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal uraian dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila 75% siswa mencapai nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM pada saat prasiklus sebesar 25,93% dan meningkat menjadi 62,96% pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,78%. Selain itu, dari data observasi diperoleh informasi bahwa sebelum diberikan tindakan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pecahan. Selain itu, siswa juga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat lebih percaya diri dalam mengerjakan soal dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran

References

(Anwar, 2012)Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 5(2), 124669. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747/4106

Ar Rozy, F. (2021). Pengaruh Penerapan PBL terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4), 739. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.654

Arnidha, Y., & Noerhasmalina, N. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 4(2), 46. https://doi.org/10.26638/je.755.2064

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (Pbl) – Qr-Code Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Joyoleksono, S. K., Raharjo, T. J., & Suratinah. (2022). Pengaruh Model Problem based learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.

Kh, U., & Hasbullah, A. W. (2019). PENGARUH KETERPUTUSAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. 1(2), 10–18.

Kolo, E., Nahak, S., & Disnawati, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmetika Sosial. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.698

Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179

Puspitasari, I. A., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Timur, K., & Scholar, G. (2022).

Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.a c.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830

Putera, D. A. D. A., Wahyuni, A. A. S., Ketut, N., Ariani, P., Rejection, A., & Parq, Q. (2019).

EMOSIONAL PADA ANAK DI SD SARASWATI 5 DENPASAR Program Studi Sarjana

Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Email : anjaswaridevi@gmail.com ABSTRAK gangguan kejiwaan y. 8(8).

Setiyatna, H., & Melati, P. (2021). Pola Asuh Anak Cerdas Istimewa dalam Islam. 3(1), 41–46. Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 13. https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37

(Arnidha & Noerhasmalina, 2018)(Ar Rozy, 2021; Farida et al., 2019; Indarwati et al., 2014; Joyoleksono et al., 2022; Kh & Hasbullah, 2019; Kolo et al., 2021; Nurbaeti, 2019; Puspitasari et al., 2022; Putera et al., 2019; Setiyatna & Melati, 2021; Supraptinah, 2019; Zhou et al., 2020

Published

2023-12-08