MENAVIGASI TANTANGAN ABAD 21: PERAN KRITIS PENILAIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Authors

  • Erna Widyastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

seperti kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif. Penilaian yang mengukur

Abstract

Pendidikan di abad 21 menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi,  seperti kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif. Penilaian yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, seperti penilaian HOTS, diperlukan untuk memastikan kualitas p endidikan yang dihasilkan. Pembelajaran dan penilaian berorientasi HOTS harus diimbangi dengan penerapan pendidikan karakter dan kemampuan literasi yang merupakan amanat dari kurikulum 2013.

References

BBPMP Jateng. (2019, November 14). HOTS, BUKAN SEKADAR PENILAIAN. Retrieved from https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/hots-bukan-sekadar-penilaian/

Universitas Negeri Yogyakarta. (n.d.). Buku Guru Abad 21. Retrieved from https://staffnew.uny.ac.id/upload/132300109/penelitian/buku-guru-abad-21.pdf

Sari, R. P. (2018). Konselor Profesional Abad 21. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/40318/1/FA_KONSELOR%20PROFESIONAL%20Abad%2021_UPLOAD.pdf

Scribd. (n.d.). KLP 3 Karakteristik Dan Tantangan Guru Pembelajaran Abad 21. Retrieved from https://id.scribd.com/document/592539575/2-KLP-3-KARAKTERISTIK-DAN-TANTANGAN-GURU-PEMBELAJARAN-ABAD-21

ResearchGate. (n.d.). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/362668494_Inovasi_Pembelajaran_di_Abad_21

Lemhannas RI. (2014). Reaktualisasi profesi wartawan dan media massa guna menjaga kerukunan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia. Retrieved from http://lib.lemhannas.go.id/opac/detailopac/11606

Published

2023-12-08