MENAVIGASI TANTANGAN ABAD 21: PERAN KRITIS PENILAIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
Keywords:
seperti kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif. Penilaian yang mengukurAbstract
Pendidikan di abad 21 menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi, seperti kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif. Penilaian yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, seperti penilaian HOTS, diperlukan untuk memastikan kualitas p endidikan yang dihasilkan. Pembelajaran dan penilaian berorientasi HOTS harus diimbangi dengan penerapan pendidikan karakter dan kemampuan literasi yang merupakan amanat dari kurikulum 2013.
References
BBPMP Jateng. (2019, November 14). HOTS, BUKAN SEKADAR PENILAIAN. Retrieved from https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/hots-bukan-sekadar-penilaian/
Universitas Negeri Yogyakarta. (n.d.). Buku Guru Abad 21. Retrieved from https://staffnew.uny.ac.id/upload/132300109/penelitian/buku-guru-abad-21.pdf
Sari, R. P. (2018). Konselor Profesional Abad 21. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/40318/1/FA_KONSELOR%20PROFESIONAL%20Abad%2021_UPLOAD.pdf
Scribd. (n.d.). KLP 3 Karakteristik Dan Tantangan Guru Pembelajaran Abad 21. Retrieved from https://id.scribd.com/document/592539575/2-KLP-3-KARAKTERISTIK-DAN-TANTANGAN-GURU-PEMBELAJARAN-ABAD-21
ResearchGate. (n.d.). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/362668494_Inovasi_Pembelajaran_di_Abad_21
Lemhannas RI. (2014). Reaktualisasi profesi wartawan dan media massa guna menjaga kerukunan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia. Retrieved from http://lib.lemhannas.go.id/opac/detailopac/11606