Pembelajaran Student Team Achievemnt Division untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

kerjasama, prestasi belajar, STAD

Abstract

Pada era revolusi industi 4.0 sekarang ini, pembelajaran adalah tentang bagaimana keterampilan kreativitas (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), dan pemikiran kritis (critical thinking) atau yang lebih sering dikenal dengan istilah 4C dapat dikembangkan. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Kelas VI SD Negeri Sendang selama proses pembelajaran matematika pada tanggal 28 Februari 2023, ternyata keterampilan kerjasama dengan sesama teman belum berkembang dengan baik dalam diri peserta didik. Prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah dimana nilai rata-rata ulangan kelas pada materi pengolahan data hanya mencapai 57 dengan kriteria ketuntasan minimum 72. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI SD Negeri Sendang dengan model Cooperative Learning Tipe STAD melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD telah mampu meningkatkan keterampilan kerjasama dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI SD Negeri Sendang Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2022/2023

References

Ari Sudana, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Ariasa, P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 6(4), 57–572. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.51245

Astina, N. H. (2021). Hubungan Sikap Dan Kemampuan Kerjasama Terhadap Pembelajaran. In JPSP (Vol. 1).

Baslini, & Hadiwinarto. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat). Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 155–160.

Fauziyah, S., & Hendriani, A. (2019). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Kelas III Sekolah Dasar. In JPGSD: Vol. II. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index

Firdaus, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i1.6630

I Made Mawa, I Made Candiasa, K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Geogebra terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Abang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2251

Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R.,

Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan 2023 Online ISSN 3025-308X

Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.583

Nur Kalim, Sukardi, S. A. W. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Cooperative Learning Model Stad To Improve Mathematics Result). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 75–82.

Prananingrum, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan Metode Cooperative Learning dan Ceramah Tanya Jawab dalam Peningkatan Minat Belajar Askeb Hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2). https://doi.org/10.48144/jiks.v10i2.80

Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Purniwantini, N. K. (2022). Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah. Journal of Education Action Research, 6(4), 505–510. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45864

Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 270–279. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270

Robert E. Slavin. (2015). Cooperative learning : teori, riset dan praktik; penerjemah, Narulita Yusron (Cetakan ke). Bandung : Nusamedia.

Satria Karim. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 108–115. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1370

Sifa, M. R., Syaripudin, T., & Hendriani, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 120–130.

Sudirman, Tolla, I., & Haling, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Mata Pelajaran Ipa Murid Sdn 229 Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 229, 1–16.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2015). Penelitian tindakan kelas (Suryani (ed.); Ed rev.). Jakarta : Bumi Aksara.

Suripah. (2015). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Temas Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 125. http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/575

Suryana, A., Sugianto, A., & Bahari, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achivement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 166–179. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.351

Wahyuni, A. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Wijaya, R. P. N. A. S., Indrowati, M., &

Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan 2023 Online ISSN 3025-308X

Rinanto, Y. (2019). Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan Think Pair Share (TPS) Student Cooperation Skills in Biology Learning Through the Application of Cooperative L (Vol. 16, Issue 1).

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Yeldawati. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1001

Published

2023-12-08