Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Widoro

Authors

  • Iva Nila Sukma SD Negeri Widoro; Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, IPA, SD Negeri Widoro

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek pada siswa sekolah dasar sangat mampu mengembangkan kemampuan anak baik secara pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Hal tersebut sejalan dengan tahap perkembangan siswa sekolah dasar yaitu pada masa operasional konkrit. Guru melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek pada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek pada siswa kelas VI Sekolah dasar Negeri Widoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data yang utama dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi saat pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dan melakukan pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas lain, dan beberapa siswa kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Pembelajaran berbasis proyek siswa kelas VI SD Negeri Widoro dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias yang tinggi dari siswa. Pembelajaran jenis ini mampu meningkatkan ketrampilan, pengetahuan, sikap dan kerjasama antar siswa. Namun, pelaksanaan Pemelajarn ini perlu ditingkatkan terkait waktu pelaksanaannya agar lebih lama sehingga siswa bisa mencapai hasil produk dengan lebih baik

References

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10.

Brock, A., & Hundley, H. (2017). The Growth Mindset Playbook: A Teacher’s Guide to Promoting Student Success. Ulysses Press.

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Deepublish. Maslichah Asy’ari. (2006). Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran Sains di SD. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma

Mustika, D. (2022). Model-Model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. CV. Mitra Cendekia Media.

Nisah, N., Widiyono, A., Lailiyah, N. N., Pendidikan, P., & Sekolah, G. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Permendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 22. Tahun 2016 (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Rohana, R. S., & Wahyudin, D. (2017). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatifsiswa Sd Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 235–243. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4817

Shima, E. F., Nurika, & Firya, L. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan Unnes, 7(2), 198–208.

Tumanggor, M. (2021). Berfikir Kritis : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.

Wardani, J. B. K. D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1388

Published

2023-12-08