Pengaruh Parenting Style Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Se-Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

Authors

  • ORIZA W AHYU TRIASTI Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Parenting Style, PAUD, Kemandirian Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan moral yang paling krusial saat ini untuk diterapkan kepada anak usia dini adalah kemandirian. Sikap mandiri yang ada dalam diri anak mampu meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai keadaan di lingkungan sosialnya sehingga anak dapat berpikir dan mengambil tindakat yang tepat. Pada tahapan ini, anak ada pada usia emas dan berlangsung secara pesat yang dimana anak akan terlihat pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan terlihat keterampilan untuk mengurus dirinya sendiri. Pada penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menguji pengaruh parenting style terhadap kemandirian anak usia dini di PAUD Se-Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, observasi, dan pengamatan. Hasil menunjukkan bahwa parenting style berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian anak usia dini di PAUD Se-Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

References

Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98.

Dewi, C., & Asrori, M. (2014). Analisis pembelajaran dalam mengembangkan dikemandirian pada anak usia 5-6 tahun di tk pertiwi 1 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10).

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 25.

Harahap, E. H. E., & Supriyadi, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 37–48.

Katz, L. F., & Gottman, J. M. (1996). Spillover effects of marital conflict: In search of parenting and coparenting mechanisms. New Directions for Child and Adolescent Development, 1996(74), 57–76.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46.

Published

2023-12-08