Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas IV SD

Authors

  • Aulia Anggit Hanwita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kewirausahaan

Abstract

Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya. Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka diterapkan dengan adanya proyek salah satu temanya yakni kewirausahaan, dengan tujuan untuk melahirkan siswasiswi yang siap untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data yang utama dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi saat pelaksanaan P5 tema Kewirausahaan dan melakukan pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Guru Kelas IV, dan beberapa siswa Kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan Kelas IV SD Negeri Hargotirto dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias yang tinggi dari siswa. Pelaksanaan P5 mampu meningkatkan jiwa wirausaha dan kerjasama antar siswa. Namun, pelaksanaan P5 perlu ditingkatkan terkait waktu pelaksanaannya agar lebih lama sehingga siswa bisa merasakan kegiatan berwirausaha lebih bermakna

References

Akademik Badan Standar, K., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, dan, & Teknologi Republik Indonesia Edisi, dan. (n.d.). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.

Arifudin, D., Indriyani, R., Ihsan, I., & Astrida, D. N. (2023). Peningkatan Brand awareness Melalui kegiatan Pelatihan Visual branding Sebagai Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Tema Kewirausahaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (3), 2049–2058. https://doi.org/10.31949/JB.V4I3.5891

Fitriya, Y., Latif, A . (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27392

Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 683–693. https://doi.org/10.53515/QODIRI.2023.20.3.683-693

Keguruan, J. P., Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, D. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/42318

Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. (n.d.). Retrieved August 19, 2023, from https://bpmpkaltara.kemdikbud.go.id/2022/07/13/keputusan-menteri-nomor- 262-m-2022-perubahan-atas-keputusan-menteri-pendidikan-kebudayaan-riset-dan- teknologi-nomor-56-m-2022-tentang-pedoman-penerapan-kurikulum-dalam-rangka- pemulihan-pembelajara/

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I4.3139

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2 (2), 85–90. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis. (Fourth Edi). SAGE Publication. Ltd.

Penerapan, P., Kegiatan P5, M., Fase, P., Di, B., Banjarejo, S., & Wahyuni, W. R. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5(Kewirausahaan), Pada Fase B Di Sdn Banjarejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3(0), 1626– 1634. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3115

Pengembangan, P., Penguatan, P., & Pancasila, P. P. (n.d.). REPUBLIK INDONESIA. Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka

Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3431

Rocmiyati, S., Khosiyono, B. H. C., Nartani, I., Nurmawati, A. D., Hamida, A., & Pangestuningtyas, C. (2022, November). Representation of Character Education to Realize Pancasila Student Profile of Indonesian Textbook in Elementary School. In Proceedings of the International Conference on Technology, Education, and Science, 4 (1), 178-187).

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 10(1), 87-98.

Supriyoko., Nisa, A. F., Uktolseka, N. F. (2022). The Nature-Based School Curriculum: A Solution to Learning- Teaching that Promotes Students Freedom. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 41(3). 643-652.

https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.47903

Susilawati, C. W. O. O., Anggrayni, M., & Kustina, I. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3 (2), 9799–9812. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I2.1551

Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 151–158. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369

View of Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. (n.d.). Retrieved August 19, 2023, from http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1373/834

View of Nilai Karakter Kreatif Peserta Didik Dalam P5 Pada Peserta Didik Kelas IV Tema Kewirausahaan SDN 2 Pandean. (n.d.). Retrieved August 19, 2023, from http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp/article/view/776/665

Yuliastuti, S., Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51 (2), 76–87. https://doi.org/10.15294/lik.v51i2.4080

Published

2023-12-08