IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN OPTIMALISASI PERAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Al’amin Wachid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

peningkatan hasil belajar; pembelajaran kooperatif; tutor sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui optimalisasi peran tutor sebaya pada siswa kelas VI SDN Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Penggunaan strategi pembelajaran yang tidak tepat menyebabkan ketidaktertarikan siswa mengikuti pembelajaran Matematika. Guru masih memposisikan siswa sebagai objek pembelajaran sehingga tidak memberikan kesempatan siswa untuk berinteraksi aktif dengan guru maupun siswa yang lain. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar Matematika menjadi rendah. Situasi ini mendorong guru untuk merancang inovasi pembelajaran. Alternatif yang dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan optimalisasi peran tutor sebaya dengan harapan siswa dapat saling bekerja sama dan membantu rekannya yang kesulitan dalam menguasai materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan penilaian. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Buluspesantren Kabupaten Kebumen sebanyak 14 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif melalui optimalisasi peran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Buluspesantren Kabupaten Kebumen dari rata-rata hasil belajar 58,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 35,71% meningkat menjadi 89,29 dengan persentase ketuntasan sebesar 92,86%. Berdasar pada hasil penelitian, implementasi pembelajaran kooperatif melalui optimalisasi peran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Buluspesantren Kabupaten Kebumen. Untuk pengembangan selanjutnya, guru diharapkan dapat mengintegrasikan pembelajaran dengan kebutuhan belajar siswa

Published

2023-03-01