PERAN GURU DALAM PENERAPAN TRILOGI KEPEMIMPINAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SDN 2 WALUYO TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Anissa Ulfa Diana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Peran Guru, Trilogi Kepemimpinan, Ekstrakurikuler Pramuk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan Trilogi Kepemimpinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 2 Waluyo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Koordinator Pramuka, Guru Pramuka, Guru Kelas, dan Siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan keajegan, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam menerapkan Trilogi Kepemimpinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah dengan menjadi suri tauladan, motivator, dan pengawas bagi siswa pada saat pelaksanaan  kegiatan ekstrakurikuler pramuka. 2) Kendala yang dihadapi guru pada saat menerapkan Triogi Kepemimpinan kepada siswa adalah fasilitas yang kurang memadai, siswa yang terlalu aktif, dan beberapa guru yang belum melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD). 3) Cara guru mengevaluasi Penerapan Trilogi Kepemimpinan adalah dengan melakukan rapat rutin, bekerja sama dengan pembina lainnya, dan memberikan reward maupun punishment.

Published

2023-03-01