MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Ema Romayah Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

manajemen kurikulum, pendidikan karakter

Abstract

Manajemen kurikulum memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Manajemen menentukan keberhasilan kurikulum mencapai tujuan yang telah dinyatakan dalam dokumen kurikulum dan dilaksanakan dalam proses. Dokumen kurikulum yang direncanakan akan menjadi sia-sia jika manajemen tidak dilaksanakan.

Peran sekolah sangat penting dalam menanamkan pendidikan karakter. Kemajuan zaman saat ini dengan kemudahan akses internet memungkinkan peserta didik untuk mempelajari ilmu pengetahuan secara otodidak melalui internet. Secara perlahan peran guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tergeser oleh layanan di internet. Peserta didik bisa mempelajari apapun dari youtube, browsing google, website, dll. Oleh karena itu, guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman dalam mendidik siswa sebagai fasilitator, motivator, dan lebih menanamkan pada pendidikan karakter.

Penelitian ini menganalisis perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum berbasis pendidikan karakter di SD Model Kabupaten Sleman. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif yang berwujud kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang berperilaku dan dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai proses berjalannya manajemen kurikulum berbasis pendidikan karakter

Published

2023-02-28