Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui In House Training (IHT) Di SD Negeri 1 Giripurwo

Authors

  • Endang Yunarti Farida Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri 1 Giripurwo
  • Priyono Priyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri Ngemplak
  • Agnes Kristini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri Wijimulyo

Keywords:

IHT, Model Discovery Learning , Kompetensi Guru

Abstract

Discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran yang merangsang kreatifitas dan inovasi dari siswa. Berkaitan dengan discovery learning, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan IHT dalam rangka meningkatkan kompetensi guru melalu penerapan discovery learning untuk pembelajaran. Penelitian ini merupakan peneltian berupa penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Targat. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan guru mata pelajaran di SD N 1 Giripurwo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi data kualitatif yang berupa deskripsi tentang pelaksanaan penerapan Model Discovery Learning dalam RPP. Kedua, berupatdatatkuantitatiftyangtberupa nilai/angka yang menggambarkan unjuk kerjatkompetensitguru.tHasil penelitian di atas menunjukkan bahwa IHTttdapattmeningkatkantkemampuantguru dalam menerapkan   ModeltDiscoverytLearningtdalamtpembelajaran. Adapun data pada kondisi awal nilai ratat–tratat1,90tdengantkategorit“cukup”. Setelah dilakukan tindakan maka nilai rata-rata menjaditmeningkat.tDengantrinciantsebagai berikut: Nilai rata-rata siklustItrata-ratat2,35tataut78,33%tkemudiantpada siklus II rata-rata nilai 2,97 atau 99,16%tpencapaiannyatdengantkategorit“Amat baik” sedangkan kenaikannya mencapait0,62tataut20,83%thaltinitmenunjukkan bahwa program IHT dapat meningkatkantkemampuantgurutdalamtmenerapkan Model Discovery Learning

Published

2023-02-28