MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK DI SMKN 2 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • FAIZAH FAIZAH Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Pembelajaran, Teching Factory, Tata Busana, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran teaching factory serta faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan teaching factory di SMKN 2 Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan berpedoman wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Subyek dalam penelitian ini antara lain: kepala sekolah, ketua program keahlian tata busana, guru tata busana, dan siswa. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran bahwa 1) Manajemen model pembelajaran teaching factory di SMKN 2 Godean Sleman Yogyakarta meliputi a) menetapkan tujuan program manajemen, mengatur pekerjaan dan bekerjasama dengan industri; b) standar kompetensi sesuai kebutuhan industri; c) siswa yang terlibat adalah siswa SMKN 2 Godean Sleman Yogyakarta; d) media pembelajaran merupakan produk yang akan dijadikan contoh dalam proses produksi; e) perangkat dan alat-alat yang digunakan untuk proses produksi/jasa;

f) para guru dari bidang tata busana dan pengalaman industri; g) proses produksi dilakukan melalui prosedur yang jelas; h) pemasaran produk dilakukan melalui media cetak dan media elektronik; i) evaluasi pelaksanaan dilakukan oleh koordinator teaching factory. 2) Faktor yang menghambat struktur manajemen teaching factory masih menggunakan struktur organisasi sekolah, manajemen waktu siswa yang berkurang karena pandemi, belum memiliki mesin print kain. 3) Faktor yang mendukung dapat dilihat dari sarpras yang mendukung pembelajaran teaching factory, SDM yang unggul baik dari peserta didik maupun guru tata busana, serta jaringan pemasaran hasil produk

Published

2023-02-28