PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SMP
Keywords:
Pembelajaran Daring; Kemandirian Belajar; IPSAbstract
Tujuan riset ini adalah untuk melihat apakah pembelajaran daring berpengaruh terhadap perkembangan psikologis siswa, termasuk kemandirian belajar. Riset ini akan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 110 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 23 for windows.Instrumen riset menggunakan angket pembelajaran online dan kemandirian belajar siswa. Hasil riset menunjukkan pembelajaran darinng berdampak positif terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Salam. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai p (0,000) dan nilai t hitung= 12,985 lebih besar dari nilai t hitung 1,658. Sumbangan pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Salam sebesar (r2) 0,610 atau sebesar 61,0%, sedangkan sisanya sebesar 39,0% dipengaruhi oleh faktor lain.