PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF MELALUI GAME EDUKASI BERBANTUAN WORDWALL

Authors

  • Kiki Karnila Widiastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

hasil beljar, game edukasi, wordwall

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa pada masa pandemi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa Kelas VI SDN 1 Sangubanyu khususnya pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Oleh sebab itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang menarik yang diyakini penulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu penggunaan game edukasi berbantuan wordwall. Artikel ini dibuat untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sangubanyu Tahun Pelajaran 2021/ 2022 pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif melalui game edukasi berbantuan wordwall. Subjek pembelajaran ini adalah seluruh Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sangubanyu Tahun Pelajaran 2021/ 2022 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui game edukasi berbantuan wordwall dapat meningkatan nilai rata-rata Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sangubanyu  pada materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dari 62 menjadi 84. Selain itu ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 50 % menjadi 90 %. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah game edukasi berbantuan wordwall dapat meningkatkan hasil belajar perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sangubanyu Tahun Pelajaran 2021/ 2022.

Published

2023-02-28