MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU BACA PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH JUARA PERPUSTAKAAN TINGKAT NASIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • MOH AFIF Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

manajemen; perpustakaann ; perilaku baca; sekolah juara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan sekolah pada sekolah yang mendapatkan kejuaran perpustakaan sekolah tingkat Nasional, baik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, maupun pengendalian (controlling ) sehingga mampu meningkatkan perilaku baca peserta di sekolah tersebut, di samping itu peneliti ingin mengetahui langkah dan kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah dan Stakeholder sekolah dalam mendukung kemajuan dan kebutuhan perpustakaan sekolah menuju peningkatan perilaku baca peserta didik dan kemajuan sekolah .

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian lapangan yang memiliki pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data secara langsung. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi dan topik penelitian terkait, yaitu Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pustakawan, Guru Spesialis dan Murid Sekolah yang meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Nasional Tahun 2020, yaitu. SMA Negeri 1 Bantul. Data yang diperlukan dikumpulkan, kemudian data tersebut dianalisis dalam langkah reduksi, kemudian diinterpretasikan secara kualitatif dan ditarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif dan induktif.

Berdasarkan hasil wawancara peneliti kepada pihak sekolah yang bersangkutan, bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah sudah sesuai dengan standar pengelolaan perpustakaan nasional bahkan perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Bantul menjadi pusat ajang kreatifitas, inovasi dan tempat berkarya siswa . Hal ini terlihat dari sarana dan prasarana perpustakaan sekolah yang sangat lengkap, terdapat ruangan baca yang nyaman di tambah koleksi buku yang banyak . Fasilitas tersebut menjadikan nyaman bagi peserta didik sehingga sangat betah untuk membaca di perpustakaan, frekwensi kehadiran di perpustakaan bertambah sering dan semakin banyak jenis bacaan yang telah di baca .

Published

2023-02-28