NILAI-NILAI KARAKTER DAN ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG

Authors

  • Noor Shofiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

karakter, etnomatematika, permainan tradisional, kelereng

Abstract

Pembelajaran berbasis etnomatematika menjadi salah satu alternatif untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal di masyarakat, di tengah kemajuan teknologi. Penelitian bertujuan melakukan tinjauan studi literatur yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter dan etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Tinjauan Literatur). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview empat artikel terkait nilai karakter dan etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng yang terbit pada tahun 2019 sampai 2021 dari database Google Scholar. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasikan semua data yang terkumpul.

Hasil penelitian menunjukkan, terdapat nilai karakter yaitu sabar, jujur, persatuan, kerja sama, kebersamaan, konsistensi, dan sportif. Sedangkan etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng adalah konsep bangun ruang, bangun datar, pengukuran, jarak, penjumlahan, dan pengurangan.

Published

2023-02-28