PENERAPAN METODE TOTURIAL SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI B SD NEGERI KLODANGAN
Keywords:
Tutorial Sebaya, Motivasi, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas VI B SD Negeri Klodangan melalui penerapan metode toturial sebaya. Penelitian dilaksanakan di kelas VI B SD Negeri Klodangan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini menggunakan beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD Negeri Klodangan yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode toturial sebaya pada pembelajaran Matematika siswa kelas VI B SD Negeri Klodangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 77%. Hasil belajar Matematika rata-rata pada pratindakan 57,8 dengan persentase 25,9% meningkat pada siklus I dengan rata-rata 68,5 dengan persentase menjadi 48,1% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 78,1 dengan persentase menjadi 85,2%