PENGGUNAAN MEDIA IKLAN ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI EFEKTIF PENJUALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN (PKK) KELAS XII PERHOTELAN 1 SMKN 6 YOGYAKARTA

Authors

  • Aprilina Dhamayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

media iklani online, efektif, sarana promosi

Abstract

Media Iklan Online adalah salah satu sarana promosi efektif pada penjualan praktik Produk Kreatif & Kewirausahaan peserta didik SMKN 6 Yogyakarta. Peserta didik SMKN 6 Yogyakarta khususnya jurusan Perhotelan belum maksimal melaksanakan penjualan produk/layananjasa yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan sarana promosi yang digunakan siswa belum maksimal. Dengan menggunakan media promosi online seperti status whatsapp, tik tok, instagram, facebook, dan twitter, peserta didik dapat memaksimalkan praktik penjualan produk/layanan jasa mereka. Dengan metode penelitian kualitatif , serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif presentase.Dapat disimpulkan bahwa media promosi online merupakan sarana promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan praktik peserta didik. Media iklan online ini harus secara kontinyu/rutin digunakan oleh peserta didik agar semakin banyak masyarakat luas yang mengenal produk/layanan jasa yang dihasilkan

Published

2023-02-28