Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Teguran di SD Negeri Ngemplak

Authors

  • Priyono Priyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri Ngemplak Kalibawang Kulon Progo
  • Sin Kusumahastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri 2 Balong Samigaluh Kulon Progo

Keywords:

Kedisiplinan, kehadiran guru, penerapan teguran

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini yaitu rendahnya kedisiplinan guru di SD Negeri Ngemplak terutama perihal kehadiran mengajar di kelas. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan kedisiplinan guru dalam mengajar membersamai siswa di kelas meningkat pada semester  I tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini bertempat di SD Negeri Ngemplak dengan subjek penelitian adalah 8 guru. Pelaksanaan selama 4 bulan, 2 siklus dengan masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Model penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi.

Pencapaian progres penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal persentase guru yang meninggalkan kelas masih cukup tinggi, yaitu sebesar 62% berarti dari 8 guru yang sering meninggalkan kelas sebanyak 5 guru. Siklus I sudah mulai terjadi peningkatan kedisiplinan guru yang terlihat dari rata-rata persentase guru meninggalkan kelas menjadi 50% dengan rata-rata durasi guru berada di kelas selama 50 menit. Siklus terakhir hanya tersisa 1 guru saja yang masih meninggalkan kelas atau sebesar 13%, sedangkan untuk durasi lamanya guru mengajar di kelas mencapai 70 menit. Dari hasil tersebut kesimpulannya adalah melalui penerapan teguran,  kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas dapat meningkat.

Published

2023-02-28