PENGGUNAAN MEDIA K3 SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI UNSUR PARAGRAF PADA SISWA KELAS VI SDN TAMBAKREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Puspitasari Puspitasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

media K3, unsur paragraf, minat belajar, kolaborasi, hasil belajar

Abstract

Penggunaan media K3 sebagai upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media K3 terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran kelas VI SD Negeri Tambakrejo Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok unsur paragraf. Subjek dalam penelitia ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tambakrejo dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan jenis analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan instrument tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 19,1% dari awal sebelum menggunakan media K3 65%, setelah menggunakan media K3 mencapai 84,1%. Selain itu penggunaan media K3 meningkatkan minat, keaktifan, bernalar kritis, berkolaborasi, serta kemandirian siswa

Published

2023-02-28