IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HOTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 2 BANJURPASAR

Authors

  • Reni Ulviyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), HOTS

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran saat ini agar mempersiapkan generasi penerus bangsa menjadi anak yang mempunyai keterampilan abad-21dengan 4Cs (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) dimana pembelajaran dilaksanakan dengan  HOTS. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan pada mata pelajaran Matematika pada materi Unsur-Unsur Lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model  pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi HOTS pada siswa kelas VI SDN 2 Banjurpasar. Penelitian yang dilaksanakan menerapkan teknik deskriptif kualitatif. Sedangkan pada proses pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan pencatatan. Data dianalisis dengan menggabungkan informasi yang diperoleh tersebut. Langkah-langkah pelaksanaan disusun atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL yang berorientasi HOTS mampu mengaktifkan siswa, melatih berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah sehingga bberdampak pada hasil belajar. Sehinggan dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model PBL mampu melatih siswa dalam mentrasnfer pengetahuan sehingga dapat melatih berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan permasalahan

Published

2023-02-28