MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DI SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Santi Marlina Santi Marlina Manajemen Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Manajemen, Kesiswaan, Prestasi Akademik

Abstract

Salah satu aspek yang paling signifikan dari lembaga pendidikan adalah manjemen kesiswaan. Siswa akan memiliki kesempatan untuk mencapai tujuan akademik dan non-akademik dengan pendampingan siswa yang terencana dan diimplementasi yang sejalan dengan tujuan sekolah. Manajemen kesiswaan dapat mendorong perkembangan sekolah melalui program pembinaan organisasi prestasi siswa di lembaga pendidikan. Manajemen kesiswaan yang terporgam dengan baik akan memabntu tumbuh kembang prestasi peserta didik sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kesisiswaan di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta dalam upaya peningkatan prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan bagaimana manajemen kesiswaan dalam membuat perencanaan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. (2) Untuk menganalisis penerapan manajemen kesiswaan dalam pembentukan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. (3) Untuk menganalisis evaluasi manajemen kesiswaan dalam pelaksanaan program prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini agar tujuannnya tercapai maka digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk keabsahan data mengunakan Teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan bagian sarana prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama. Dalam meningkatkan prestasi akademik manajemen kesiswaan memiliki perencanaan sebagai berikut:a) Program asesmen kecerdasan dan potensi peserta didik; b) Program pengelompokan siswa; c) Program motivasi bagi siswa; d) Program disiplin siswa; Kedua, langkah-langkah berikut ini dilakukan untuk memasukkan manajemen kesiswaan ke dalam proses pembentukan prestasi akademik: a) Meneliti potensi dan kecerdasan siswa; b) Pembagian kelas dan pengelompokan siswa;

c) Pengarahan tentang motivasi siswa untuk belajar; d) Pembinaan dan pengembangan disiplin siswa. Ketiga, faktor-faktor berikut diperhitungkan saat mengevaluasi bagaimana manajemen siswa memengaruhi keberhasilan akademik: a) tes, baik tertulis maupun lisan; b) Melibatkan siswa secara aktif dalam kompetisi akademik

Published

2023-02-28