MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENGGUNAKAN MICROSOF SWAY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KEGIATAN IHT DI SD NEGERI KEMBANGMALANG
Keywords:
Kompetensi, IHT, TI, Sway, PJJAbstract
IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah agar guru-guru mampu meningkatkan potensi TI guru dan sejauh mana in house training dapat meningkatkan kemampuan guru.
Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan model siklus classroom Action Reserch dari suharsimi Arikunto. Rancangan penelitian Kemmis & Mc Taggat di lakukan di SD Negeri Kembangmalang Kapanewon Panjatan dengan jumlah guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 8 orang, sedangkan pelaksanaan penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus dengan metode Deskriptif kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun materi pembelajaran jarak jauh dengan microsof Sway dan in house training efektif . Hal ini dapat terlihat dari hasil IHT 61 menjadi 85,7 sebagai pengambilan data kualitaitif. Dan dalam pretest dan postest nya semakin meningkat sebagai pengambilan data kuantitatifnya. Peningkatan kompetensi guru melalui IHT menggunakan microsof Sway juga didukung kesungguhan trainer untuk mendampingi dan mendorong peserta, kesungguhan peserta dan rajin berlatih, sarana yang memadahi